Bea Cukai Sumbagbar Musnahkan Jutaan Rokok Ilegal


Bandar Lampung – Sebanyak 12,3 juta batang rokok ilegal dimusnahkan oleh Bea Cukai Sumatera Bagian Barat (Sumbagbar) di halaman Container Freight Station (CFS) Pelabuhan Panjang.

Kepala Bidang (Kabid) Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Sumbagbar, Kunto Prasti Trenggono mengatakan , jika pemusnahan ini hasil dari tangkapan sepanjang tahun 2020 hingga 2021.

“Hasil penindakan ini dari tahun 2020 sampai 2021,karena memang prosesnya agak panjang , dari mulai ditangkap hingga dinyatakan barang kuasa milik Negara dan harus mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan , ” kata Kunto saat diwawancara media . Rabu (24/11)

Untuk itu, kata dia, berdasarkan penangkapan rokok tanpa pita cukai ini negara telah dirugikan sebesar Rp.12.4 milyar dan upaya ini merupakan aksi nyata Bea Cukai dalam menciptakan perlakuan yang adil bagi industri rokok yang telah mematuhi segala ketentuan dan membayar cukai sesuai kewajibannya.

“Yang mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat selama pamdemi covid-19 menjadi faktor pemicu meningkatnya konsumsi rokok ilegal, ” ucapnya

Menurut Kunto, Pita cukai merupaka salah satu pemasukan utama kas Negara di Republik Indonesia.

“Pengaruhnya juga terhadap pemasukan negara. Pajak dan cukai itu merupakan tumpuan utama pemasukan kas negara kita,” kata Kunto.

Ia mengajak, kepada masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam memerangi peredaran rokok ilegal.

“Pelaksanaan pemusnahan barang milik negara ini sesuai amanat Peraturan Menteri Keuangan nomor 39/PMK.04/2014 tentang tata cara penyelesaian barang kena cukai dan barang-barang lain yang dirampas untuk negara atau yang dikuasai negara,” tandasnya

Posting Terkait