Besok Malam, Gelar Seni Purnama di Tugu Rato Tampilkan Baca Sastra dan Musik

TUBABA – Pergelaran Seni Purnama di Tugu Rato, Panaragan, Tulangbawang Barat (Tubaba), Jumat (17/8), akan menampilkan pembacaan karya sastra, musik, dan kesenian lainnya.

Ketua Umum Dewan Kesenian (DK) Tubaba, Fauzi Hasan, mengatakan, untuk Agustus ini pergelaran seni di malam purnama serangkaian mermeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke 73.

Pergelaran seni yang ditaja DK Tubaba bekerja sama dengan Dinas Pariwisata setempat, juga menghadirkan dua sastrawan asal Lampung level nasional, yakni Isbedy Stiawan ZS (Bandarlampung) dan Fajar Mesaz (Mesuji).

Selain itu, lanjut dia, para seniman setempat juga akan memeriahkan malam purnama yang kali ini bertepatan Hari Kemerdekaan RI ke 73.

“Keduanya kami tahu adalah sastrawan nasional, maka kami undang untuk membaca sastra pada malam purnama di sini,” ujar Fauzi yang juga Wakil Bupati Tubaba itu, Kamis (16/8).

Dikatakannya, pihaknya ingin mengapresiasi sekaligus memberdayakan seniman yang ada di Lampung.

Itu sebabnya, pergelaran seni di Tugu Rato juga mengahadirkan para seniman Tubaba untuk satu panggung dengan kedua sastrawan yang namanya sudah dikenal di nasional.

“Sehingga diharapkan terjadi kolaborasi dan elaborasi sesama seniman Lampung,” ujar Fauzi.

Selain pergelaran seni, DK Tubaba mengadakan workshop sastra dan senirupa. Fajar dan Isbedy akan menjadi narasumber di sastra, sementara senirupa akan di isi oleh David, Yulius Bernardi, Helmi Azehari, dan Ari Susiwamangisi.

Dia berharap dari kegiatan ini, para seniman Tubaba semakin terpacu demi mensejajarkan karya dan kesenimanannya dengan daerah lain.

“Kita harus membuka ruang ekspresi dan kreativitas seluas-luasnya,” ujar Fauzi didampingi Ketua Harian DK Tubaba Ansori Aan.

Ketua DK Tubaba mengharapkan seniman dari Bandar Lampung bisa tiba hari Jumat (17/8) sebelum pukul 14.00. Karena ia menyiapkan agenda pada pukul 15.00 mengunjungi berbagai destinasi wisata, hasil pembangunan di Tubaba, kompleks Pemkab Tubaba, serta lainnya.

Pada malamnya ke Tugu Rato untuk menyaksikan gelar seni. (den)

617 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Seni Purnama

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan