BPTP Dan Muslimat NU Lakukan Gerakan Tanam Cabai

Muslimat NU menggelar sarasehan mengangkat tema “71 tahun muslimat Nu berkhitmad samakan langkah membangun negeri menjaga NKRI” yang digelar di Pondok Rimbauan, Kamis (11/5). (ist)

BANDARLAMPUNG – Memperingati Harlah Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) ke-71, pengurus wilayah muslimah NU Lampung mengelar sarasehan dan kerjasama kesepakatan (MoU) dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Lampung, dalam meningkatkan produktivitas cabai di rumah tangga.

Acara sarasehan mengangkat tema “71 tahun muslimat NU berkhitmat samakan langkah membangun negeri menjaga NKRI” yang digelar di Pondok Rimbauan, Kamis (11/5) yang juga dihadiri ratusan anggota muslimah NU se-provinsi Lampung.

Baca Juga:  Bersama Muslimat NU, Arinal-Nunik Wujudkan Rakyat Lampung Berjaya

Wakil Ketua I/Pengurus Wilayah NU Lampung, Lazuardi Auli mengapresiasi kegiatan sarasehan yang diselengarakan pengurus wilayah muslimat NU Lampung.

“Diera kemajuan zaman, peran muslimah NU semakin komplek. Selain dibidang organisasi, peran di keluarga amat penting dalam membentengi anak-anak terhadap paham yang negatif terutama dampak pergaulan bebas,” kata Lazuradi, disela acara kemarin.

Baca Juga:  Bersama Muslimat NU, Arinal-Nunik Wujudkan Rakyat Lampung Berjaya

Sementara itu, Kepala BPTP Lampung, Arivin Rivaie. mengatakan dalam kerjasama kali ini pihaknya menyerahkan bibit cabai yang diserahkan secara simbolis kepada para pengurus organisasi wanita tersebut.

“Bibit cabai ini akan disebarkan dan ditanam oleh para muslimah NU di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung, sehingga setiap rumah tangga dapat menanam cabai minimal disetiap pekarangan rumahnya,” ujar Arivin.

Menurutnya, seiring dengan permasalahan sayuran kenaikan harga cabai dan upaya menekan inflasi, penanaman cabai di pekarangan diharapkan mampu menjadi program yang dapat menyediakan cabai dan sayuran di tingkat rumah tangga sehingga ketersediaan komoditas hortikultura dapat berlangsung secara berkelanjutan.

Baca Juga:  Bersama Muslimat NU, Arinal-Nunik Wujudkan Rakyat Lampung Berjaya

Ditempat yang sama, Ketua I Muslimat NU Lampung, Fita Nahdia Asegaf, mengatakan melalui kerjasama bantuan bibit cabai ini, pihaknya ingin mewujudkan kemandirian kaum muslimah agar bisa mengolah keuangan keluarga dan meminimalisir pengeluaran rumah tangga.

“Kaum muslimah dalam organisasi kita sangatlah banyak dengan mayoritas muslimah NU berada dipelosok kampung. Dengan gerakan menanam cabai ini, diharapkan dapat mewujudkan kemandirian untuk kaum ibu rumah tangga,” ujarnya.(ZN)

 

Muslimat NU

Posting Terkait