Bupati Asahan Launching Pelayanan Administrasi Kependudukan

Bupati Asahan Launching Pelayanan Administrasi Kependudukan/Istimewa

Fajarsumatera.co.id – Bupati Asahan Surya, didampingi Ketua TP PKK Titiek Sugiharti Surya, melaunching pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Camat Pulau Rakyat, Jumat (26/3).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan, Supriyanto, menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan launching adminduk pada hari ini adalah Implementasi UU No. 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006.

Hal itu tentang administrasi kependudukan, disamping itu juga dimaksudkan untuk  mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan visi pemerintah kabupaten asahan mewujudkan masyarakat asahan sejahtera yang religius dan berkarakter.

Lebih lanjut Supriyanto juga mengatakan, launching adminduk pada hari ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dokumen administrasi kependudukan sesuai dengan implementasi Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang telah dicanangkan pada tahun 2019 yang lalu.

Baca Juga:  Atasi Banjir, Pemkab Asahan Normalisasi Saluran Air

“Jenis layanan adminduk yang di launching pada hari ini adalah pengurusan KK, akte kelahiran, perekaman KTP-el, pencetakan KTP-el,” ucap Supriyanto.

Sementara Bupati Surya, menjelaskan, dokumen kependudukan memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami penduduk.

“Hal ini merupakan bentuk perlindungan negara terhadap status hak sipil penduduk dan memberikan manfaat bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya” ucap Bupati Surya.

Ia mengatakan bahwa dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan akta catatan sipil serta Kartu Identitas Anak sangat dibutuhkan penduduk di semua strata sosial.

Karena merupakan  awal dan salah satu persyaratan untuk pengurusan pelayanan publik lainnya. Akta Kelahiran dan Akta Perkawinan misalnya, tanpa adanya dua dokumen itu, negara tidak dapat memberikan program-program terkait kesehatan, pendidikan, maupun urusan Administrasi lainnya.

Baca Juga:  Penerimaan Pajak Asahan Ditargetkan Naik 18,3 Persen

“Dengan launching pelayanan adminduk pada hari ini maka pelayanan administrasi kependudukan yang selama ini terpusat di ibu kota kabupaten terutama pencetakan kartu keluarga, akte kelahiran dan pencetakan KTP-el sudah dapat di lakukan di Kantor Camat Pulau Rakyat yang melayani enam kecamatan meliputi Kecamatan Pulau Rakyat, Rahuning, Bandar Pulau, Aek Songsongan, Aek Kuasan dan Aek Ledong,” paparnya.

Untuk itu ia menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di 6 kecamatan untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus administrasi kependudukan secara langsung dan gratis.

Dengan launching adminduk ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya manfaat data kependudukan sesuai dengan tujuan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang telah dicanangkan pemerintah pusat.

Baca Juga:  Safari Ramadan Hari ke-III, Bupati Surya Kunjungi Mesjid Baiturrahman Desa Punggulan

Bupati juga memerintahkan kepada seluruh camat, lurah dan kepala desa untuk dapat membantu dan memberikan pemahaman kepada warganya tentang pentingnya adminduk, khusus kepada  kadisdukcapil dan jajarannya supaya dapat memberikan pelayanan yang baik dan maksimal dalam pemenuhan administrasi kependudukan.

Pelayanan adminduk  yang dilaunching pada hari ini nantinya juga secara bertahap akan dikembangkan di kecamatan lainnya sehingga pelayanan yang dilakukan Pemkab Asahan benar-benar dapat menyentuh harapan masyarakat.

Pada kesempatan launching adminduk ini juga diserahkan 4719 Kartu Identitas Anak, penyerahannya dilakukan secara simbolis olek Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj Titiek Sugiharti Surya dan Wakil Ketua TP. PKK Ny. Yusnila Indriati Taufik.

 

Reporter : FS/KMF

 

Asahan

Posting Terkait