Bupati Lampura sampaikan RPAPBD tahun 2021

KOTABUMI,FS- Bupati Budi Utomo menyampaikan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RPAPBD) tahun 2021 ‎kepada DPRD Lampung Utara‎, Senin (27/9/2021).

Sidang paripurna ini sendiri dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Lampung Utara, Madri Daud lantaran Ketua DPRD Lampung Utara, Romli berhalangan hadir. Tak kurang dari 25 wakil rakyat yang terlihat hadir dalam sidang tersebut.

Dalam sidang itu, Bupati Budi Utomo menyampaikan, penyampaian RPAPBD ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepakatan bersama Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara. Prosesi penandatanganan itu dilakukan dalam sidang paripurna pada akhir pekan lalu.

“RPAPBD ini disusun dan diselaraskan dengan pelbagai peraturan di antaranya Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 dan 64 tahun 2020,” jelas Budi.

RPAPBD ini berisikan pelbagai program atau kegiatan yang disusun berdasarkan perubahan asumsi pendapatan yang telah dibahas. Keberadaan APBD sangat penting dalam proses pembangunan suatu daerah.

“APBD adalah sumber utama pembangunan daerah untuk memajukan perekonomoian ‎sehingga tidak boleh terlambat untuk dibahas. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini,” terangnya.

Ia berharap, pihak legislatif dapat segera membahasnya sehingga RPAPBD yang dihasilkan akan benar – benar efektif dan efisien bagi kepentingan masyarakat. Dengan demikian, visi dan misi yang telah ditetapkan dapat segera dijalankan.

“Harapannya RPAPBD dapat segera disepakati supaya dapat menjadi landasan dalam pelaksanaan pembangunan,” kata dia.

Di sisi lain, Madri Daud mengatakan, ‎sidang paripurna akan kembali dilanjutkan dengan agenda laporan hasil Panitia Kerja Badan Anggaran RPAPBD pada Kamis malam (30/9/2021). Keputusan ini diambil lantaran dua agenda syang dijadwalkan terpaksa ditiadakan.

“Karena agenda pemandangan umum fraksi ditiadakan maka otomatis agenda jawaban bupati juga tidak ada sehingga sidang akan langsung dilanjutkan dengan agenda laporan hasil Panja Banggar,” jelasnya.(R)

Posting Terkait