Bupati Surya Buka MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Asahan

Bupati Surya Buka MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Asahan/Istimewa

Fajarsumatera.co.id – Bupati H. Surya, membuka secara resmi MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021 yang bertempat di Gedung Tahfidz Mesjid Agung H Ahmad Bakrie Kisaran, Senin (15/2).

Ketua panita pelaksana John Hardi Nasution, sekaligus Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan,  melaporkan, bahwa kegiatan MTQ ini dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 19 Februari 2021.

Dan diikuti oleh 725 orang dari 25 kecamatan se-Kabupaten Asahan, dengan rincian Cabang Tilawah Al-Qur’an bertempat di mimbar utama dengan katagori perlombaan golongan Dewasa Putra/Putri 49 orang, golongan remaja Putra/Putri 50 orang, golongan anak-anak Putra/Putri 50 orang dan golongan tartil Putra/Putri 50 orang.

Selanjutnya cabang hifzil qur’an untuk katagori golongan 1 dan 5 juz bertempat di Masjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran, dan golongan 10, 20, 30 juz diruang Sekretaris LASQI dengan katagori golongan 1 juz dan tialawah Putra/Putri 49 orang, golongan 5 juz dan tilawah Putra/Putri 46 orang, golongan 10 juz Putra/Putri 33 orang, golongan 20 juz Putra/Putri 9 orang dan golongan 30 juz Putra/Putri 6 orang.

Baca Juga:  Ketua TP PKK Asahan Buka Sosialisasi Gemarikan

Dan cabang khattil qur’an bertempat di SMP Negeri 2 Kisaran dengan katagori golongan naskah Putra/Putri 43 orang, golongan dekorasi Putra/Putri 38 orang, golongan hiasan mushaf Putra/Putri 44 orang. Untuk cabang fahmil qur’an bertempat di SMP Negeri 2 Kisaran dengan katagori cabang fahmil qur’an Putra/Putri 129 orang serta cabang syahril qur’an bertempat di Alun-alun Rambate Rata Raya Kisaran dengan Katagori cabang syahril qur’an Putra/Putri 129 orang.

Ia juga melaporkan, bagi para peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan dan hadiah berupa piagam, trophy dan uang tunai.

Untuk itu pihaknya mengajak untuk tetap mematuhi prokes dalam pelaksanaan MTQ ini.

“Seperti kita ketahui penyebaran Covid-19 hanya dapat diatasi apabila kita mendisiplinkan diri kita sendiri dan membudayakan penerapan prokes dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai upaya pencegahan,” urai John Hardi Nasution.

Baca Juga:  Bupati Asahan Dukung Kegiatan Sosial GPA

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Asahan, H. Baharuddin Harahap, mengatakan, pelaksanaan MTQ sejatinya adalah berlomba untuk menunjukan kualitas terbaik dalam seni membaca Al-qur’an.

“Namun, kita juga harus berlomba untuk menjadi yang terbaik ahlak dan prilakunya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Baharuddin.

Ia menambahkan, pelaksanaan MTQ selain sebagai sarana menjaga kemurnian Al-qur’an juga adalah sarana dakwah Islamiah, menyebarkan syiar Islam melalui lantunan-lantunan merdu ayat-ayat Al-Qur’an, mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah islamiah.

“Semoga dengan mencintai dan memuliakan Al-Qur’an akan menciptakan pengaruh yang positif dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Asahan H. Surya, mengaku sangat gembira melihat antusias masyarakat pada saat pelaksanaan MTQ tingkat desa/kelurahan dan tingkat kecamatan yang telah mampu menyuguhkan nuansa religius dan pesona budaya keagamaan.

Kata dia, seluruh masyarakat dapat merasakan bahwa MTQ bukanlah sekedar kegiatan keagamaan tetapi juga sangat erat kaitannya dengan kehidupan sosial kemasyarakatan. Hal ini dapat dilihat manakala seluruh kompenen masyarakat terlibat dalam kegiatan tersebut dengan tulus dan ikhlas.

Baca Juga:  Dana MTQ Pesawaran Minta ke Siswa

“Patut kita syukuri bahwa dari tahun ketahun kualitas peserta musabaqah semakin meningkat, baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan lain-lain, meski belum maksimal sepenuhnya. Untuk itu saya berharap bahwa penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di desa/kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri,” harap Bupati.

Ia berharap, khususnya para qari, hafidz, dan para penggiat Al-Qur’an untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qurani dalam mengasah kemampuan sehingga bukan dari kuantitas, tapi dapat diperhitungkan dari segi kualitas.

“Saya minta sekalian dapat menampilkan kemampuan terbaik, sehingga pada akhir pelaksanaan ya nanti kita akan mendapatkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah terbaik dari Kabupaten Asahan, yang akan menjadi duta Kabupaten Asahan pada evant seleksi Tilawatil Qur’an tingkat provinsi. Kepada dewan hakim, sesuaikanlah penilaian pemenang dengan ketentuan aturan yang berlaku,” harapnya.

 

Reporter : FS/KMF

Asahan MTQ

Posting Terkait