Bupati Surya Resmikan Desa Taman Sari Sebagai Kampung Tangguh Berbasis Mikro

Bupati Surya Resmikan Desa Taman Sari Sebagai Kampung Tangguh Berbasis Mikro/Istimewa

Fajarsumatera.co.id – Bupati Asahan, H. Surya, meresmikan Desa Taman Sari, sebagai Kampung Tangguh berbasis mikro guna meminimalisir penyebaran atau penularan Covid-19, Jumat (5/3).

Bupati Surya mengatakan, kampung tangguh berbasis mikro yang diresmikan pada hari ini merupakan binaan dari Kapolres Asahan yang wajib didukung bersama.

Ia mengatakan, pembentukan desa tangguh merupakan salah satu upaya penanganan Covid-19 hingga ke level mikro.

Keberadaan desa tangguh merupakan Inovasi yang dapat menjadi penguatan penanganan Covid-19 oleh pusat dan daerah yang terdesentralisasi hingga ke  tingkat mikro melalui posko di tingkat desa dan kelurahan.

Semua dilibatkan tak terkecuali masyarakat yang menjadi ujung tombak dalam inovasi ini.

“Desa sebagai satuan pemerintahan terkecil tentu harus melakukan gerakan antisipatif dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat,” ucap Bupati.

Dirinya juga menegaskan, bahwa posko ditingkat desa perlu dibentuk dengan fungsi mengkoordinasikan, mengendalikan, memantau, mengevaluasi serta mengeksekusi penanganan Covid-19.

Dengan berfungsinya posko tersebut diharapkan dapat mendorong perilaku masyarakat  untuk sama sama mengingatkan bagaimana pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Bupati Surya berharap, Desa Taman Sari dapat menjadi desa yang tangguh dalam penanganan virus dan penanganan kesehatan, serta tangguh dalam penanganan Kamtibmas di wilayahnya.

Pada kesempatan ini Bupati Surya juga menyerahkan bibit jahe kepada masyarakat Desa Taman Sari, dalam rangkaian akhir acara adalan peresmian Posko Kampung Tangguh Desa Taman Sari, Kecamatan Pulo Bandring.

 

Reporter : FS/KMF

 

 

 

Kampung Tangguh

Posting Terkait