Bupati Tulangbawang Serahkan Dana BOP Paud

MENGGALA – Bupati Tulangbawang Hj. Winarti, menyerahkan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Usia Dini (PAUD) yang berasal dari hibah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejumlah Rp 5,740 Milyar.

Dana BOP sebesar 5.740,Milyar tersebut diberikan kepada 171 Paud dari jumlah 278 Paud negeri maupun swasta se Tulangbawang guna membantu pihak sekolah dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar terhadap para anak-anak usia dini.

Bupati Tulangbawang Hj. Winarti mengatakan jika bantuan yang diberikan oleh Kemendikbud, khusus diberikan untuk Paud negeri maupun swasta bertujuan guna merigankan beban masyarakat terhadap biaya-biaya Anak-anak saat melaksanakan Pendidikan pada usia dini.

“Jika dulu saat anak sekolah Paud seluruh biaya dibebankan kepada anak-anak tetapi sekarang tidak lagi karena dalam Penyelenggaraanya sudah ada Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Usia Dini (PAUD) yang ditanggung oleh pemerintah melalui Kemendikbud, jadi tidak ada pungutan tarikan biaya yang signifikan oleh pihak penyelenggara, “terang Winarti, saat menyerahkan secara simbolis Dana BOP Paud yang dipusatkan di PAUD Karya Bhakti, Kecamatan Menggala Timur,  (15/8/18) kemarin.

Dijelaskan Winarti, bantuan yang diserahkan oleh pihaknya berasal dari dana hibah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan jumlah total Rp 5,740 Milyar untuk 171,paud setulangbawang.

Dan lanjut Winarti, dalam pengunaan BOP pihak Paud diharuskan mengacu terhadap Petunjuk Pelaksana (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) yang telah diatur oleh Pihak Kemendikbud republik indonesia.

“Pengunaan tidak sembarangan harus sesuai dengan ketentuan apalagi pengunaanya terdapat persentase 50% dari BOP untuk Pembelanjaan kegiatan pembelajaran, 35% harus dipergunakan untuk pembelanjaan kegiatan pendukung sedangkan yang 15%untuk pembelanjaan lainya itu ketentuanya dan harus dilaksanakan,”ingatnya.

Oleh sebab itu kata Winarti, dirinya ingatkan agar seluruh penyelenggara Paud yang menerima kucuran BOP dapat memperbaiki menajemen masing-masing Paud agar kelak laporan pengunaan anggaran tidak ada persoalan.

Sehingga sambungnya apapaun program khususnya bantuan dari pemerintah pusat BOP dapat terlaksana dan terealisasi dengan baik.

“Program ini sangat baik karena menyentuh langsung kebutuhan masyarakat, jadi laksanakan semuanya sengan maksimal, agar tidak menimbulkan kekecewaan pemerintah pusat dan jika semuanya kita jalankan sesuai harapan insya allah kita Tulangbawang kelak akan terus dikucurkan bantuan baik bantuan fisik maupun non fisik, “harapnya. (Fs-Mr)

bop paud

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan