Chusnunia: Patriotisme Santri Jadi Teladan Anak Bangsa Kini

Bupati Lamtim Chusnunia Chalim dalam peringatan Hari Santri.

SUKADANA –Hari Santri Nasional 22 Oktober telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui keputusan Presiden (Kepres) nomor 22 tahun 2015. Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri memiliki banyak makna. Tidak hanya bagi dunia pesantren, tetapi juga bagi seluruh komponen Bangsa.

Dalam konteks ke-indonesiaan, penetapan hari santri adalah tonggak sejarah dan monumen Nasional yang berfungsi sebagai penanda dan pengingat. Penanda adanya patriotisme yang digerakkan oleh kaum santri pada masa-masa perjuangan yang senantiasa harus diingat sepanjang masa, sekaligus sebagai penanda peran strategis kaum santri dalam usaha persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia, membangun dan mengawal Kedaulatan NKRI, Senin (22/10/2018).

Baca Juga:  PGN Lampung Audiensi dengan Bupati Chusnunia Chalim

Dalam Upacara memperingati Hari Santri Nasional turut dihadiri Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, Forkopimda Kabupaten Lampung Timur, Ketua PWNU Lampung, Sekretaris Daerah Lampung Timur, Ketua PCNU Lampung Timur, Ketua pengurus PD Muhammadiyah, Staf Ahli dan staf Ahli, Kepala Badan/Dinas/Kantor dan Bagian Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Camat se-Kabupaten Lampung Timur , Pimpinan Pengasuh Pondok Pesantren se-Kabupaten Lampung Timur. Upacara yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kabupaten Lampung Timur.

Baca Juga:  Winarti Minta Santri Proaktif Ikuti Kemajuan Teknologi Informasi

Mengawali sambutannya Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim meminta Santri untuk memaknai tujuan Pemerintah menjadikan hari ini sebagai hari Santri Nasional.

“Berkaitan dengan Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2018 yang saat ini sama-sama diperingati di seluruh wilayah Indonesia, tentunya saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur mengucapkan selamat memperingati Hari Santri Nasional, marilah peringatan ini kita jadikan momentum sebagai wadah berintrospeksi diri kita dan sekaligus menjadi titik bangkit untuk meraih kesuksesan dimasa yang akan datang, sehingga kita tidak menjadi orang yang merugi”, ucap Chusnunia.

Baca Juga:  Bupati Chusnunia Harapkan Desa Mandiri dan Efisiensi Gunakan Dana

“Sejarah mencatat bahwa para santri telah mewakafkan hidupnya untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dan mewujudkan cita-cita Kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Terakhir Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menyampaikan, “para santri dengan caranya masing-masing bergabung dengan seluruh elemen Bangsa melawan penjajah, menyusun kekuatan di Daerah-daerah terpencil, mengatur strategi, mengajarkan tentang arti Kemerdekaan, Kebhinekaan dan Kedaulatan bangsa Indonesia, hendaknya semangat itulah yang perlu kita teladani pada saat ini”, tegas Chusnunia. (RA)

 

Bupati Chusnunia Hari Santri Patriotisme

Posting Terkait