Curas, Mantan Honorer Pol PP dan Tiga Pelajar Ditangkap Polres Pringsewu

Saefudin | Fajar Sumatera

PRINGSEWU – Alif Danu Wijaya (29) daftar pencairan orang (DPO) otak pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) di wilayah hukum Polres Pringsewu berhasil ditangkap di kebun warga di daerah Kabupaten Lampung Tengah.

Alif Danu Wijaya mengaku pernah bekerja sebagai tenaga honorer di Kantor Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Pesawaran yang kini alih profesi menjadi dalang pelaku pencurian pencurian di dua titik di Kabupaten Pringsewu.

Selain Alif Danu Wijaya,  Anggota Polisi Polres Pringsewu juga mengamankan tiga tersangka lainnya yakni, Juve Renaldi Andika (21), IA (16), dan AD (16) merupakan anak di bawah umur yang masih duduk di bangku sekolah.

Baca Juga:  Kasus C3 Dominan di Lampung Timur

Hal itu, dikatakan Wakapolres Kompol Misbahudin dalam Press Release di Makopolres Pringsewu, Sabtu (07/12).

Penangkapan para pelaku curas berdasarkan laporan polisi nomor LP/B-856/XI/2019/ Gadingrejo tertanggal 21 November 2019 lalu.

Korban adalah Yudistira Adi Nugroho, warga Pekon Podomoro, Kecamatan Pringsewu.

“Tersangka melakukan kejahatannya dengan cara berkeliling menyusuri jalan yang dianggap sepi, dan yang menjadi incaran mereka iyalah, pasangan bujang gadis (ABG)”,ucap Kompol Misbahudin.

Modus operandi mereka para pelaku curas tersebut, dengan cara memberhentikan atau menghampiri korbannya yang berbeda ditempat.

Selanjutnya, ke dua pelaku Alif Danu Wijaya dan Juve Renaldi Andika menaruh tespek di motor korban yang mereka bawa, Setelah itu, keduanya, merampas barang bawaan berupa handphone, uang, dan membawa kabur motor milik korban.

Baca Juga:  Polisi Tembak Mati Saleh Pelaku Curas

Masih Kompol Misbahudin yang didampingi Kasatreskrim AKP Sahril Paison menguapkan, Para pelaku begal melakukan kejahatannya diarea ruas jalan dua jalur komplek Pemda Pringsewu.

Keempatnya tersangka berdomisili di Kabupaten Lampung Tengah, mencari target dan sasaran korban, menurut hasil keterangan dalam pemeriksaan pelaku begal, sudah 2 kali melakukan kejahatan di pringsewu.

“Anggota Polres Pringsewu berhasil mengamankan barang bukti hasil curas dari para pelaku berupa, 1 unit sepeda motor roda dua, HP milik korban Yudistira, dan satu unit motor merk Honda Beat, TKPnya pun tidak jauh dari TKP Pertama”, ungkapnya.

Baca Juga:  Polsek Wonosobo Ringkus Residivis Curas

Ditempat yang sama, Alif Danu Wijaya mengaku dirinya yang mengatur dalam pembagian tugas pembegalan di dua titik tersebut.

“Saya dan Juve yang merampas serta membawa kabur motor korban Yudistira, dan dua rekannya IA, AD bertugas untuk memasarkan hasil curian, melalui medsos facebook,” ujar Danu.

Dari hasil penjualan, masih kata Alif Danu Wijaya pelaku curas, masing-masing darinya mendapatkan bagian sebesar Rp 500 ribu.

“Uang bagaianya di pergunakan untuk poya-poya dan membayar kost-kostan di daerah Yukum Jaya, Badar Jaya Lampung Tengah,” kilahnya. (DN/Agus)

Curas Honorer Pol PP pelajar Polres Pringsewu

Posting Terkait