Berita KotaDaerah

Gubernur Lantik PJ Bupati Lampung Utara

Bandar Lampung,FS- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi, menjadi PJ Bupati Lampung Utara, di Balai Keratun Komplek Kantor Gubernur Lampung, Senin, (25/3/2024).

Pj bupati Aswarodi ini, akan mengisi jabatannya terhitung pada hari ini juga. Dimana, bertepatan berakhirnya jabatan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara Budi Utomo dan Ardian Saputra.

Adapun masa tugas Aswarodi, akan berakhir hingga terlantiknya Bupati terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Pelantikan Pj Bupati Lampung Utara ini  berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-640 Tahun 2024 tentang Penjabat Bupati Lampung Utara.

“Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang ada,” ujar Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Selain itu, Arinal juga mengingatkan Aswarodi yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung untuk tetap menjaga keseimbangan perannya dalam melaksanakan tugas pemerintahan.

“Pj Bupati punya tugas dan kewenangan yang sama dengan Bupati Definitif, termasuk larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan,” katanya.

Larangan yang dimaksud adalah, Aswarodi tidak boleh melakukan mutasi pegawai,  lalu membatalkan perizinan yang telah teratur oleh pejabat sebelumnya atau mengeluarkan perizinan yang bertentangan dengan yang kebijakan oleh pejabat sebelumnya.

Pj Bupati juga tidak boleh membuat kebijakan pemekaran daerah yang bertentangan dengan kebijakan pejabat sebelumnya. Serta membuat kebijakan yang bertentangan dengan kebijakan penyelengaraan program pembangunan pejabat sebelumnya.

“Tapi, dapat dilaksanakan setelah ada persetujuan tertulis dari Mendagri melalui Gubernur selaku Wakil Pemerintah Pusat pada daerah sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang berlaku,” kata Arinal.

Tak lupa, Arinal menjelaskan tentang Kabupaten Lampung Utara, dimana merupakan salah satu kabupaten tertua yang ada di Provins Lampung, dengan jumlah penduduk mencapai 636.908 jiwa. Kabupaten ini juga memiliki berbagai potensi alam yang tinggi untuk dapat termaksimalkan.

“Kabupaten Lampung Utara secara kontinyu mengalami pertumbuhan. Salah satu komoditas unggulannya adalah lada, tetapi belum dikembangkan optimal sehingga harus dicarikan solusi,” tandasnya (r)

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button