Daerah

Udang Manis Logo HUT Tulangbawang ke 26 Tahun

MENGGALA, – Udang Manis menjadi logo dan Tema utama pada Hari Ulang Tahun (Hut) Kabupaten Tulangbawang yang ke-26 tahun (1997-2023).

Sepertinya Qudrotul tidak hanya sekedar berucap untuk menjadikan Kabupaten yang ia pimpin menjadi Kabupaten Udang Manis, tahap demi tahap proses telah dan akan terus dijalankan.

Hal tersebut terlihat beberapa waktu lalu Qudrotul telah mengunjungi dan melihat langsung dibeberapa titik wilayah yang menjadi penghasil Udang di Tulangbawang dengan tambak-tambak tradisonal seperti Dente teladas dan Rawa Jitu.

Bahkan P3UW yang merupakan (Perhimpunan Petambak Pembudidaya Udang Wilayah) Bumi Dipasena juga telah melakukan audiensi langsung dengan Qudrotul.

Bisa jadi nantinya pada perayaan puncak Hut 20 maret ini secara resmi Qudrotul akan mencanangkan Kabupaten Tulangbawang yang berjuluk Say Bumi Nenggah Nyappur menjadi Kabupaten Udang Manis.

Mengingat tulangbawang akan dijadikan Kabupaten Udang oleh Pj.Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan maka angka 26 sangat menarik untuk dibahas.

Udang dengan warna biru muda dan terdapat laut yang menghiasi terlihat sangat mendominasi pada angka 2 utama bagian atas menghadap langsung kedepan,juga terdapat gambar Tugu Garuda,berdiri tegap tepat berada dipintu masuk kota menggala,gambar Tugu Garuda,semakin indah oleh suasana awan dan langit yang cerah.

Dahulu Tugu Garuda,dibangun oleh Andurachman Sarbini atau Mance setelah berdiri puluhan tahun tugu tersebut mengalami keretakan parah akibat usia ditambah getaran tanah akibat lalu lalang kenderaan sehingga masyarakat mendesak pemkab untuk memperbaikinya karena diperkirakan sangat membahayakan.

Setelah era kepemimpinan Winarti kendati mendapat berbagai pro dan kontra Tugu Garuda menggala dibangun ulang dengan sempurna dan modern namun tidak menghilangkan makna Adat istiadat megow pak Tulangbawang.

Sementara pada Angka 6 sepertinya mempromosikan beberapa tempat wisata,lantaran terdapat logo miniatur Candi Prambanan dan bentangan Alam yang berada di Wisata Cakat Raya pada bagian atas angka.

Wisata cakat raya merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi,karena selain miniatur Candi Prambanan,juga terdapat miniatur Rumah Adat Bali, Rumah Adat Jawa dan Rumah Adat Minangkabau.

Kawasan Wisata cakat raya,tepat berada pada ketinggian saat berada dikawasan maka akan disuguhkan oleh keindahan panorama bentangan luasnya Alam,yang masih natural.

Wisata cakat raya terbuka untuk umum tampa harus membayar atau gratis pada kawasan juga disiapkan beberapa tempat untuk berselvi, area track dan tempat bersantai,kita bisa menikmati pemandangan dan sejuknya udara.

Sementara pada tenggah angka 6 terdapat gambar Wisata Aji mesir yang berada dikecamatan Gedung Aji, konon kabarnya tempat tersebut dibangun mandiri oleh Kampung setempat dengan mengunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Untuk sebelah bawah Angka 6 terdapat gambar Tugu Ikan Jelabat yang berada di kelurahan menggala kota kecamatan menggala,dan untuk tema terletak paling bawah bertuliskan ajakan kepada seluruh masyarakat untuk turut serta memberikan dukungan agar “Dengan Semangat Hari Ulang Tahun yang ke-26 Kita Wujudkan Tulang Bawang sebagai Kabupaten Udang Manis”.

Tentu saja semua butuh proses,dukungan anggaran juga menjadi penopang,pro dan kontra pasti akan terjadi program tidak serta merta alias tidak mudah untuk direalisasikan.

Masyarakat akan selalu terus menerus berharap Program Qudrotul bukan hanya SIM Salabim atau Abra Kadabra,semua harus dikaji dengan matang,dari berbagai aspek sehingga apa yang menjadi program berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selamat Ulang Tahun Say Bumi Nenggah Nyappur, tercinta tempat dan bumi kami dilahirkan yang ke-26 tahun,semoga menjadi Lebih Baik,masyarakat sejahtera.(Fs-Murni)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button