Dana Hibah dan Bantuan Fisik Tuba Menumpuk

Kepala BPKAD Tulangbawang Rustam Effendi | Murni | Fajar Sumatera

MENGGALA -Bupati Tulangbawang (Tuba) Winarti melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD ) Tulangbawang meminta kepada seluruh Kepala SKPD Pemkab Tulangbawang yang membidangi program bantuan langsung baik berupa dana hibah ataupun bantuan berupa fisik di wajibkan agar segera mulai di proses realisasikan pada awal bulan Oktober mendatang.

Kepala BPKAD Tulangbawang Rustam Effendi mengatakan bahwa sampai saat ini anggaran APBD perubahan tahun anggaran 2019 yang di diperuntukan bagi program dana hibah ataupun bantuan langsung berupa fisik masih dalam keadaan menumpuk.

Sebab, menurut Rustam, sampai akhir September ini anggaran APBD perubahan yang telah di siapkan oleh pihaknya khusus diperuntukan guna diberikan kepada masyarakat melalui bantuan baik itu berupa dana hibah ataupun bantuan fisik belum juga di realisasikan oleh Satker yang membidangi.

“Padahal kalau melihat dari jadwal dan tahapan yang kita sepakati itu seharusnya semua Satker sudah harus merealisasikanya karena ini sudah di akhir bulan september tetapi anehnya sampai sekarang masih juga belum di mulai pemberkasan nya oleh masing masing Satker,” katanya.

Oleh karena itu Rustam menerangkan mengingat betapa pentingnya program bantuan langsung tersebut untuk masyarakat se Tulangbawang juga untuk sejumlah pihak maka pihaknya meminta supaya semua SKPD Pemkab Tulangbawang yang membidangi urusan tersebut saat ini juga di diwajibkan agar segera mulai melakukan proses administrasinya.

“Karena ini sudah waktunya sebab selain sudah lewat dari waktu yang telah di sepakati juga di khawatirkan anggaran APBD perubahan tahun anggaran 2019 ini tidak terserap hingga 100 persen nantinya apabila terjadi keterlambatan,” terangnya.

Jadi Rustam menjelaskan selain guna mengejar limit waktu serta supaya semua program bantuan langsung kepada masyarakat se Tulangbawang dapat tersalurkan dengan tepat sasaran dan komitmen.

“Maka saya minta mulai Awal Bulan Oktober mendatang semua berkas administrasi masing masing kepala Satker Pemkab Tulangbawang yang membidangi urusan tersebut sudah masuk ke dalam BPKAD Tulangbawang supaya dapat segera kami proses pencairannya,” jelasnya.

Sebab Rustam menambahkan apabila tidak dimulai sejak awal bulan depan maka dapat dipastikan anggaran APBD perubahan tahun 2019 ini tidak akan terserap  seutuhnya.

“Karena waktu kita sudah mepet dan tidak banyak lagi sebab kedepan kami BPKAD Tulangbawang akan fokus untuk mengurus administrasi masalah pencairan dana program pembangunan yang berskala besar jadi saya minta tolong mulai pekan depan ini semua proses sudah kita mulai demi kemajuan dan komitmen kita juga kepada seluruh masyarakat se Tulangbawang,” pungkasnya. (MURNI)

Dana Hibah Kepala BPKAD Tulangbawang

Posting Terkait