Debat Cagub Lampung Disiarkan Secara Nasional dan Lokal

BANDARLAMPUNG – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Lampung akhirnya membatalkan rencana debat kandidat di Jakarta. Debat kandidat pilgub akan dilakukan di Lampung dengan siaran tunda.

“Debat akan ditayangkan di TV Nasional dan TV lokal dengan siaran tunda. Agar debat kandidat itu bisa dilihat melalui TV oleh masyarakat Lampung, intinya pesan dalam debat paslon itu sampai,” kata Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono, Senin (19/3/2018).

Karena tujuan daripada debat kandidat, adalah agar masyarakat tahu, dan bisa mempengaruhi ketika saat pemilihan Gubernur Lampung 27 Juni 2018, pasca melihat apa yang disampaikan keempat paslon.

“Ada pergeseran waktu debat pertama dari tanggal 23 Maret menjadi tanggal 7 April. Kedua akhir April dan yang ketiga awal Mei, tapi intinya itu yang 3 kali debat tetap dilaksanakan,” katanya.

Baca Juga:  Ridho Dorong Forkomcam Ciptakan Kondusifitas Politik Sosial

Selain itu, format debat kandidat juga ada perubahan, jika sebelumnya debat akan dilakukan satu kali cagub, satu kali cawagub, dan cagub cawagub.

“Untuk debat keseluruhan akan dilakukan oleh pasangan calon. Cagub dan cawagub, formatnya berubah,” kata dia.

Menurut Nanang, hal itu berdasarkan pertimbangan dan aspirasi dari empat paslon maka 3 kali debat kandidat itu akan difokuskan di Lampung.

Selain itu, lanjut Nanang, pembatalan debat di Jakarta itu juga berdasarkan hasil rapat pleno terakhir beberapa hari lalu, dengan menimbang dari berbagai aspirasi masyarakat dan paslon.

Baca Juga:  Ridho Dorong Forkomcam Ciptakan Kondusifitas Politik Sosial

“Yang jelas adalah mempertimbangkan aspirasi 4 pasangan calon, dan masyarakat, sehingga debat kandidat kita gelar di Lampung, tetap 3 kali debat,” kata Nanang.

Dia juga membantah pembatalan debat di Jakarta juga adanya intervensi dari paslon ke KPU. “KPU harus betul -betul mendengarkan pertimbangan dan aspirasi tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Levi Tuzaidi Liasion Officer paslon nomor urut satu ini mendukung langkah komisi penyelenggara pemilu (KPU) yang akan menggelar acara debat kandidat di Lampung dengan membatalkan penyelenggaraan di Jakarta.

“Kalau bisa dilakukan di Lampung, ya lebih baik dengan memberikan akses masyarakat untuk menyaksikan acara tersebut, Artinya menggunakan stasiun televisi yang daya jangkaunya sampai kepelosok Lampung,” kata Levi.

Baca Juga:  Ridho Dorong Forkomcam Ciptakan Kondusifitas Politik Sosial

Sekretaris pemenangan Ridho – Bakhtiar tidak mempermasalahkan debat kandidat akan disiarkan secara tunda.

“Tidak ada masalah, yang paling penting proses editingnya harus jeli, profesional dan tanpa kepentingan. Jangan sampai ada moment yang penting, kemudian di hapus,” ucapnya

“Itu paling penting. Jangan sampai salah satu paslon saat memberi jawaban, langsung dipotong, lalu masyarakat menilai oh pertanyaan ini tidak bisa dijawab sampai tuntas oleh paslon,” ujarnya. (*) 

721 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Debat Cagub Lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan