Dibunak Lambar Sambangi Peternak Penerima Bantuan

Ilustrasi. (Ist)

Liwa – Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Barat sejak beberapa hari ini terus keliling melakukan pembinaan kepada para kelompok peternak khususnya kelompok yang telah menerima bantuan ternak sejak 2016 lalu.

Bahkan, Rabu (26/9), pelaksanaan pembinaan ke kelompok-kelompok itu dipimpin langsung oleh Kadisbunnak Tri Umaryani. Pembinaan itu bertujuan untuk penguatan kelembagaan kelompok dalam menjalankan usaha ternaknya.

Baca Juga:  Pemerintah Berupaya Kurangi Ketergantungan terhadap Susu Impor

Kabid Peternakan Disbunnak Lambar Almaarif mendampingi Kadis Tri Umaryani, Kamis (27/9) mengatakan pembinaan pada Rabu (26/9), dilaksanakan di kelompok Kube Jadirejo Pekon Tambakjaya, Waytenong.

Di kelompok ini, kata dia, jumlah populasi ternak sapinya saat ini sudah mencapai 180-an ekor. Kelompok ini adalah penerima bantuan ternak ditahun 2016 lalu.

Selain di kelompok Jadirejo itu, kata dia, pihaknya juga melakukabln pembinaan ke kelompok Sidorukun Kelurahan Sekincau, Kecamatan Sekincau yaitu kelompok ternak sapi perah.

Baca Juga:  Pemerintah Berupaya Kurangi Ketergantungan terhadap Susu Impor

“Pembinaan kelompok ternak ini dilaksanakan tujuanya adalah untuk penguatan kelembagaan kelompok. Pembinaan ini lebih kepada penekanan yaitu bagaimana caranya agar kelompok itu tetap kompak dalam menangani usaha ternaknya secara bersama,” ujarnya.

Kemudian bantuan ternak yang telah diberikan dapat ditangani dengan baik agar mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahtraan bagi anggota kelompok itu sendiri.

Baca Juga:  Pemerintah Berupaya Kurangi Ketergantungan terhadap Susu Impor

“Pembinaan dilaksanakan secara keliling ke kelompok-kelompok di seluruh kecamatan, yang intinya adalah untuk penguatan kelembagaan kelompok agar usaha peternaknya berjalan drngam baik sehingga berhasil sesuai tujuan,” kata dia. (*)

Peternak Sapi

Posting Terkait