Dinkes OKU Tes HIV/AIDS Warga Binaan dan Sipir Rutan Baturaja

Dinkes OKU Tes HIV/AIDS Warga Binaan dan Sipir Rutan Baturaja

Kabid P2P Dinkes OKU, Andi Prapto, bersama Petugas Klinik Pelita Puskesmas Lubuk Batang dan Petugas Rutan Kelas IIB Baturaja usai melakukan Test VCT, Senin (5/2/2018). Foto: Ariyan/fajarsumatera.co.id

OKU – DINAS Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bersama Klinik Pelita Puskesmas Lubuk Batang melakukan pemeriksaan Voluntary Counseling Test (VCT), terhadap warga binaan dan petugas Sipir Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas IIB Baturaja.

Baca Juga:  OKU Bebas Difteri

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Andi Prapto mengatakan, pemeriksaan (tes VCT) untuk mengetahui apakah seseorang menderita HIV/AIDS.

“Kegiatan VCT ini kita lakukan secara berkala. Kali ini sasaran kita warga binaan dan petugas Sipir Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Baturaja,” katanya, Senin (5/2/2018).

Baca Juga:  Ini Aturan Besuk Tahanan di Rutan Baturaja

Menurut Andi, dari hasil pemeriksaan di Rutan tidak ditemukan adanya penderita HIV/AIDS.

Selain melakukan pemeriksaan CTV, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi HIV/AIDS terhadap warga binaan di Rutan.

“Iya, kegiatan ini sekaligus untuk memutus mata rantai dan jangan sampai tertular, karena melalui sex bebas dan jarum suntik penyakit tersebut bisa menular,” terangnya.

Baca Juga:  Kepala Rutan Baturaja Sesalkan Meninggalnya Warga Binaan

Andi menambahkan, kegiatan pemeriksaan VCT dibantu oleh petugas Klinik Pelita Puskesmas Lubuk Batang yang telah berkompeten dalam penanganan  pencegahan HIV/AIDS.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Klinik Pelita Puskesmas Lubuk Batang Zul Safari, Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten OKU Elia dan Kepala Rutan Klas IIB Baturaja Herdianto. (Ari)

Dinkes OKU Rutan Baturaja Test HIV/AIDS

Posting Terkait