Gubenur: Lampung Krakatau Festival Minatnya Naik 30 Persen

BANDARLAMPUNG – Pesona Pariwisata Provinsi Lampung mengalami kenaikan yang cukup tinggi terhadap wisatawan lokal maupun internasional.

Hal itu disampaikan langsung oleh Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, saat membuka secara resmi perhelatan Lampung Krakatau Festival (LKF) ke- XXVII, di Lapangan Enggal, Bandarlampung, Jumat (25/8).

Gubernur mengatakan, agenda tahunan yang dilaksanakan setelah tanggal 17 Agustus ini dan bertepatan dengan meletusnya Gunung Krakatau, menjadi salah satu sejarah besar dan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke provinisi Gerbang Pulau Sumatera ini.

Pariwisata yang perlahan mulai bangkit, sambung Gubernur, memberikan efek stimulan yang cukup besar kepada sektor-sektor lainnya. Seperti, menggerakan UMKM, hingga memebantu menutupi naik turunnya komoditas pertanian.

Baca Juga:  Pemprov Lampung Akan Sertifikasi Rumah Ibadah

“Event LKF adalah salah satu festival tertua di Lampung. Artinya baik lokal hingga kancah Nasional semua ikut merasakan, bukan hanya masyarakat kita sendiri,” kata Gubernur Ridho.

Lanjutnya, dirinya pun berharap besar, LKF ini menjadi suatu kegiatan yang tarafnya naik menjadi tingkat Internasional. Pasalnya, Gunung Krakatau terkenal akan gaungnya hingga mancanegara.

“Ini menjadi suatu hal yang membanggakan. Dengan¬† adanya perhelatan seperti LKF, kunjungan pariwisata menjadi sangat tinggi, hampir 30 persen naik setiap tahunnya. Angka ini jauh diatas rata-rata Nasional,” ungkapnya.

Gubernur pun berharap kepada para penggiat pariwisata untuk lebih membuka peluang lebih luas lagi kedepannya. Artinya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung juga tidak tinggal diam, salah satunya pengembangan infrastruktur jalan yang menjadi akses pariwisata.

Baca Juga:  Ridho Ficardo: Pariwisata Lampung Kian Menjual

Sebelumnya, Tour Krakatau dalam rangka LKF ke- XXVII dimulai. Setelah dilepas secara simbolis oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Budiharto di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Jum’at pagi (25/08).

Selanjutnya peserta menuju Pulau Sebesi melalui Dermaga Bom Kalianda Lampung Selatan. Rombongan tampak begitu antusias mengikuti rangkaian kegiatan.

Rombongan terdiri dari berbagai media dan juga instansi pemerintah, yakni Media Partner Lampung, Media Jakarta, BKSDA dan Kementerian Pariwisata. Tidak hanya itu, Tour Krakatau ini juga diikuti komunitas Blogers dan Online Instagram.

Antusiasme para jurnalis nasional dan Media Cetak, Elektronik/Online tersebut terlihat dengan keikutsertaan dalam kegiatan ini. Selain menambah wawasan tentang Lampung, para awak media merasa terpanggil untuk menginformasikan keindahan dan kekayaan alam di Provinsi Lampung.

Baca Juga:  Gubernur Ridho Konsisten Kampanyekan Gerakan Makan Ikan

Sebelum mengunjungi Anak Pulau Krakatau,  Sabtu (26/08), peserta terlebih dahulu bersinggah dan berminap di Pulau Sebesi Lampung Selatan.

Pulau Sebesi merupakan daratan terdekat dengan Anak Pulau Krakatau yang juga menjadi saksi meletusnya Pulau Krakatau pada 1883. Selama di Pulau Sebesi peserta akan disuguhkan beberapa acara diantaranya atraksi tarian dan atraksi kendang pencak.

Untuk diketahui, Tour Krakatau adalah salah satu rangkaian dari kegiatan Lampung Krakatau Festival (LKF) ke- XXVII yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Lampung setiap tahunnya. LKF ke- XXVII tersebut diadakan di beberapa tempat di Provinsi Lampung yaitu Lapangan Saburai, Tugu Adipura, Pulau Sebesi dan Anak Pulau Krakatau.(ZN)

Gubernur Lampung

Posting Terkait