Guru Wajib Miliki Sertifikat PPG

Guru Wajib Miliki Sertifikat PPG

Foto: Istimewa

BANDAR LAMPUNG – SYARAT wajib profesi guru dibuktikan dengan memiliki sertifikat Pendidikan Profesi Guru (PPG). Akan tetapi, proses pemerolehannya menuai banyak persoalan. Jumlah pendaftar yang tinggi tidak sebanding dengan kuota yang dibutuhkan lapangan.

Persoalan tersebut dipaparkan Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Bujang Rahman saat menjadi pemateri di kegiatan Mimbar Demokrasi, Minggu (27/5).

Ia mengatakan , Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa masih banyak yang di bawah 3.00. Tidak hanya itu, banyak mahasiswa non pendidikan yang tidak tahu membuat perangkat pembelajaran sehingga menjadi peluang bagi jalur pendidikan.

“FKIP Unila saja menerima 80 mahasiswa baru setiap prodinya sedangkan kuota PPG hanya 40, sehingga menjadi permasalahan. Seharusnya disamakan saja, tapi jika dikurangi Unila mengalami masalah pendanaan. Maka dibutuhkan peran pemerintah untuk mensubsidikan hal ini agar tak menjadi pengangguran,” terangnya.

Prof. Bujang juga memberikan cara agar lolos daftar PPG.Kini terdapat PPG pra- jabatan dan dalam jabatan.

“Ibadah, organisasi, belajar, serta tingkatkan kualitas membuat perangkat pembelajaran saat mendaftar karena pasti diproritaskan diterima,” katanya.

Acara yang dihelat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP, ini turut dihadiri ratusan peserta. Salah satu peserta, Zara Faradita (Pend. Fisika ’15) mengatakan PPG itu memiliki kompeten di bidangnya untuk menjadi profesionalitas.

“Jika ingin menjadi APN profesional sudah selayaknya mengikuti PPG,” pungkasnya. (RD)

190 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Sertifikat PPG

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan