Humaniora

Cara Merawat Ikan Hias

IKAN hias adalah jenis ikan baik yang berhabitat di air tawar maupun di laut yang dipelihara untuk memperindah taman atau ruang tamu. Namun, jangan asal dalam merawat dan memelihara ikan hias di rumah. Perawatan yang salah bisa membuat ikan hias mati dan akuarium pun menjadi kotor. Simak berikut ini cara merawat ikan hias di rumah agar kesehatan ikan dapat terjaga dengan baik.

1. Pilih Akuarium yang tepat untuk ikan hias

Pilihlah ukuran akuarium yang tepat untuk memelihara ikan hias di rumah. Pastikan juga jumlah ikan dan jenis ikan hias yang sejenis agar tidak terjadi perkelahian antar ikan hias yang akan diletakkan dalam satu akuarium. Karena dari berbagai jenis ikan hias ada yang tidak bisa hidup berdampingan dalam satu akuarium.

2. Pastikan Kondisi Air dalam Akuarium
Pastikan kadar pH air yang tepat agar ikan hias dapat hidup dengan baik dan nyaman sehingga dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Selain kadar pH, jangan lupa untuk memastikan suhu air berada di suhu normal. Tempatkan akuarium pada lokasi yang tidak dapat mengalami perubahan suhu dengan cepat.

3. Pakan sesuai dengan jenis ikan.
Hindari memberikan pakan ikan terlalu banyak. Karena itu akan membuat kondisi akuarium menjadi lebih cepat kotor yang memicu berbagai penyakit pada ikan, salah satunya infeksi jamur dan bakteri.

4. Pilih ikan hias yang mudah dirawat
Jika kamu seorang pemula dalam memelihara ikan hias, pilihlah ikan hias yang mudah untuk dipelihara. Agar kamu tidak kesusahan dalam merawatnya, dan kamu juga bisa membeli ikan hias dengan jenis ikan yang sama.

Buat kamu yang hobi memelihara ikan hias. Yuk, ikuti cara diatas untuk menjaga kesehatan ikan hias kamu agar terhindar dari berbagai jenis penyakit dan bakteri yang berada didalam tubuh ikan. (Nida Hepiana)

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button