Humaniora

KAHMI – FORHATI Metro Gelar Kajian Islami

FAJARSUMATERA– Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHM) dan Forhati Metro pada saat pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 1445 H menggelar acara Kajian Islami dirangkaikan dengan buka bersama di Sekretariat HMI Cabang Kota Metro Jalan Utama Kelurahan Iringmulyo Kecamatan Metro Timur, Kota Metro.

Dalam kajian Islami tersebut diisi oleh Dr. Masjkurillah, MA.

Sebelum kajian disampaikan, Ketua MD KAHMI Kota Metro, H. Amrullah, SH, MH menyampaikan latar belakang pelaksanaan kegiatan tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan ikatan silaturrahmi para alumni HMI yang ada di Kota Metro dan sekitarnya.

Tidak banyak yang disampaikan oleh Ilo—sapaan akrab Amrullah, seorang tokoh muda yang potensial sebagai pemimpin, hanya menekankan bahwa silaturrahmi itu sangat penting, terutama menghadapi perkembangan zaman sekarang, Sabtu (30/3/2024).

Implisit sambutan yang disampaikannya Ilo, juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran kader-kader HMI yang dapat meluangkan waktu untuk datang dalam saling berdialog.

Sementara itu, Dr. Masjkurillah, MA dalam uraian kajian Islaminya membahas secara gamblang QS Al Qadr, di mana pada bulan suci ramadhan inilah turunnya Al Quran yang selama ini dikenal di kalangan umat Islam sebagai malam Lailatul Qadar.

Surah Al Qadr, kata Masjkurillah yang juga seorang dosen di IAIN Metro terdiri dari lima ayat itu, kandungannya sangat luas. Termasuk tahapan turunnya wahyu kepada Rasulullah Muhammad SAW.
Dikatakan ustadz Masjkurillah, disaat waktu datangnya Lailatul Qadar yang tidak ada yang tahu persis, tidak harus melek (tidak tidur) sepanjang malam.
“Kita dianjurkan bangun di sua pertiga malam untuk melakukan ibadah-ibadah selama pertengahan ramadhan sampai selesai,” ungkap Masjkurillah.

Dihadapan sekitar 100-an kader HMI dan alumni HMI serta Kohati, Masjkurillah sangat berharap semua keluarga besar HMI dapat memahami dan mentauladani peristiwa turunnya Al Quran tersebut.

Hadir dalam acara Kajian Islami dan Buka Bersama MD KAHMI dan FORHATI yang berlangsung sejak pukul 15.30 WIB sampai buka puasa, tokoh-tokoh KAHMI yang tak asing lagi, seperti H. Syaiful Thomi, HS, SH, Drs. Subroto, Naim Emel Prahana, SH, Dr. Muhammad Agus Septian, SH, MH.

Kemudian terlihat juga Syaiful Anwar, Balkini, Sugeng Siswoyo, Arya (mantan Ketuam PB HMI), Haikal Nasution, M. Lukman Sanjung (sekretaris MD KAHMI), Yulinar, SPd, , yunda Rohana (mantan ketua umum 19), Herawati, Zubaedah, Yanti Syaiful Thomi, Rosdiana, Montessori, Nursalamah.
Terlihat pula hadir Chairul Aji Bangsawan, SH (Ketua HMI), Aisa Salsabila, SH, Ridho (pengurus Badko HMI Sumbagsel) dan beberapa tokoh masyarakat sekitar Sekretariatan HMI Cabang Kota Metro.

Usai buka bersama dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah dan diakhiri makan bersama dalam suasana kekeluargaan yang sangat kental.

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button