Webinar Kominfo di Lampung Selatan, Bahas Pentingnya Personal Branding di Era Digital
LAMPUNG SELATAN – Di era digital saat ini, personal branding telah menjadi kebutuhan vital dalam proses pengembangan karier seseorang. Personal branding merupakan proses pembentukan citra diri berdasarkan aspek-aspek yang dimiliki. Aspek tersebut mulai dari keahlian, kepribadian, sikap, maupun prestasi.
Bertumpu pada pentingnya personal branding di era digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung akan kembali menggelar webinar literasi digital untuk segmen pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (15/8) pagi, pukul 09.00 WIB.
Mengusung tema ”Pentingnya Personal Branding di Era Digital”, diskusi online yang akan diikuti pelajar dan tenaga kependidikan dengan cara menggelar nonton bareng (nobar) dari sekolah masing-masing itu, rencananya akan menghadirkan tiga narasumber.
Mereka adalah pegiat literasi digital Indonesia Moh. Rouf Azizi, Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Gembong Sumadiyono, dosen Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) Deny Yudiantoro, dan Firdha selaku moderator.
”Webinar ini juga dapat diikuti gratis dengan cara mengisi link registrasi peserta di https://s.id/RegPendidikanSumatera150824. Selain mendapat e-sertifikat, panitia juga menyediakan voucher e-wallet senilai Rp 1.000.000.- untuk 10 peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik selama webinar,” tulis Kemkominfo dalam rilisnya kepada awak media, Rabu (14/8).
Terkait tema diskusi, Kemkominfo menjelaskan, personal branding di era digital merupakan sebuah upaya untuk membuat dan menjaga persepsi masyarakat agar mencapai citra yang positif. Personal branding juga menjadi salah satu kunci sukses, apalagi di era digital saat ini.
”Dengan mengenali diri, menetapkan tujuan, dan berkomitmen pada konsistensi, kita dapat membangun citra kuat dan berarti. Era digital telah membuat personal branding menjadi lazim dilakukan semua orang,” jelas Kemkominfo dalam rilis.
Membangun personal branding, lanjut Kemkominfo, tidak bisa lepas dengan teknologi dan media sosial. Berbagai platform media sosial kini dapat kita manfaatkan untuk membangun personal branding yang efektif.
”Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membangun personal branding, yaitu: kenali diri sendiri, tentukan tujuan dan tipe branding, tentukan standar personal branding, manfaatkan media sosial, gunakan digital influencer, buat konten kreatif yang mudah dipahami, dan membangun relasi,” rinci Kemkomifo.
Untuk diketahui, webinar seperti digelar di Kabupaten Lampung Selatan, ini merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang dihelat Kemkominfo. GNLD digelar sebagai salah satu upaya untuk mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan hingga kelompok masyarakat menuju Indonesia yang #MakinCakapDigital.
Sampai dengan akhir 2023, tercatat sebanyak 24,6 juta orang telah mengikuti program peningkatan literasi digital yang dimulai sejak 2017. ”Kegiatan ini diharapkan mampu menaikkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia hingga akhir 2024,” tambah Kemkominfo.
Tahun ini, program #literasidigitalkominfo mulai bergulir pada Februari 2024. Program makin cakap digital bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, kreatif, produktif, dan aman.
Kecakapan digital menjadi penting, karena – menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) – pengguna internet di Indonesia pada 2024 telah mencapai 221,5 juta jiwa dari total populasi 278,7 juta jiwa penduduk Indonesia.
Survei APJII juga menyebut, tingkat penetrasi internet Indonesia pada 2024 menyentuh angka 79,5 persen. Ada peningkatan 1,4 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya. Tercatat, pada 2018, penetrasi internet Indonesia berada di angka 64,8 persen. ”Kemudian naik secara berurutan menjadi 73,7 persen pada 2020, 77,01 persen pada 2022, dan 78,19 persen pada 2023,” urai Kemkominfo.
Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan yang terkait dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page, dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo. (*)