IAIN Metro Gelar Pembekalan Peserta KKN

FajarSumatera.co.id – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro melalui lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Melakukan pembekalan dan pelepasan peserta KKN Tematik Melayu Serumpun tahun 2021 secara virtual via zoom meeting, Sabtu (24/7).

Sebanyak 7 Mahasiswa IAIN Metro yang akan mengikuti KKN Tematik Melayu Serumpun tahun 2021 ini, dengan mengusung tema “Pengembangan Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Budaya Melayu Serumpun”. Adapun KKN ini akan berlangsung pada tanggal 26 Juli – 30 Agustus mendatang di Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat.

Sainul, SH, MA selaku Kepala Pusat Pengabdian dalam sambutannya mengatakan, “KKN itu lebih kepada KPM atau pemberdayaan masyarakat karena menerapkan Ilmu sosial, Ekologi dan Teknologi. dan Peserta IAIN Metro harus memiliki 7 program yang akan di konsep selama KKN Tematik nanti”, Ujarnya.

Lanjut Dr. Aguswan Kh. Umam, S.Ag, MA selaku ketua LPPM IAIN Metro dalam sambutannya mengatakan, “Peserta dari IAIN Metro yang akan mengikuti KKN Tematik Melayu Serumpun tahun 2021 ini sebanyak 7 Mahasiswa, mereka telah mengikuti beberapa pengarahan baik dari LPPM IAIN Metro maupun dari panitia dan Peserta dari IAIN Metro akan bergabung dengan 14 peguruan tinggi PTKIN Se Sumatera”. Sambutnya.

Sementara Rektor Dr. Siti Nurjannah, M.Ag, PIA dalam sambutannya menyampaikan, “Pedoman KKN Tematik yang telah diberikan harus dibaca, ditelaah dan segera di Implementasikan program-programnya, itu modal awal menuju Padang Pariaman, sehingga pedoman itu di pedomani bukan di pedomi, di pedomani berarti digunakan, di telaah kemudian di implementsikan dan dikembangkan makna moderasi beragama”. Ujarnya

Rektor IAIN Metro berharap kepada Perwakilan Mahasiswa yang mengikuti KKN ini agar menggaungkan literasi dan tetap ingat visi misi IAIN Metro.

“Sebagai Mahasiswa kalian harus mampu menggaungkan literasi digital, literasi finansial, literasi IT, harus dikembangkan karena saat ini literasi itu sangat dibutuhkan dan itu manjadi tantangan kalian didunia sekarang ini. Selain mengusung tema moderasi beragama sebagai Mahasiswa harus hafal dan menerapkan Visi Misi IAIN Metro yaitu menjadi peguruan tinggi keagamaan Islam yang unggul salam sinergi sosio-eco, techno-preneurship berlandaskan Nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan”. Tutupnya.

Kontributor (Apriansyah)

Posting Terkait