Ilmu Padi Edward Anthony

Edward Anthony, Wakil Bupati Way Kanan

 

PERJUMPAAN dengan Pak Edward, merupakan momentum pembelajaran tentang manifestasi ilmu padi.

Ketika itu, saya masih sangat jumawa. Mendongak. Layaknya padi yang baru njebul. Nyrodok dan tanpa adab ketertundukan sama sekali. Selalu tengil. Pak Edwar dengan senyum khasnya, lembut tutur katanya, tertata cara duduknya, cermin birokrat dan ilmuwan yang utuh. Tauladan dalam banyak hal.

Yang teringat, saat itu, beliau sudah bergelar doktor di bidang akutansi. Sementara saya hanya tahu sedikit soal neraca dan relawan yang mengisi kolom anual report. Namun begitu congkak dan ambisius. Sering lebih agresif mendikte yang tentu saja, sering beliau luruskan dengan sangat halus. Membuat saya lebih sering tertunduk malu sembari minta maaf karena sok tahu.

Baca Juga:  Way Kanan Panen Raya Kopi Petik Merah

Di beranda Hotel Indra Palace, jauh sebelum ganti nama jadi hotel Emersia itu, kami berbincang cukup lama. Intensif dan cukup waktu menghabiskan secangkir kopi berikut pisang goreng. Kami mendedah apa itu forensik akunting. Dilanjut esok harinya, pagi sebelum jam tujuh. “Mas Endri sudah di rumah ya.”

Sebelum jam tujuh pagi, merupakan perjuangan yang sangat berat bagi saya. Akan tetapi mesti tetap ditempuh. Di kawasan Wayhalim, lewat jalan yang sekarang ada Lampung Walk itu, saya merasa mengunjungi seorang guru. Perbincangan itu cukup lama. Baru sekitar jam 9 pagi, urusan soal apa itu pelaporan keuangan dan poin pelbagai rekomendasi, dirumuskan beliau. Saya menulis dengan tekun. Mendengar dan mengetik. Lalu mengeprintnya, beberapa coretan diberikan, diperbaiki lagi dan untuk kemudian, beliau tanda tangan. Dan itulah perjumpaan saya yang terakhir dengan beliau. Yang kini telah berpulang ke haribaan Allah dengan jiwa yang tenang. Semoga khusnul khotimah.

Baca Juga:  Edward Antony Serahkan KKS-BNPT

Oya, ketika akan maju Pilkada Waykanan, kami sempat berbincang via telepon. “Selamat ya Pak, semoga menang dan selalu amanah.”

“Terima kasih Mas Endri, main-mainlah ke Waykanan.”

Dan saya belum sempat bersilaturahmi dengan beliau, sudah tak bisa lagi berjumpa di dunia yang fana ini. Hampir semua kabar duka, menyebut kesaksian bahwa Pak Edward Antoni adalah orang baik. Saya juga meyakini hal itu. Beliau adalah suritauladan birokrat yang sudah sangat sempurna mengamalkan ilmu padi, semakin menunduk saat berisi. Semakin bijak dan selalu tawadu dalam berbagai keadaan. Baik di waktu yang sempit maupun lapang.

Baca Juga:  Wabup Waykanan Pimpin Musrembang Pakuanratu

Innalillahi wainna ilahi rojiuun. (*)

Penulis: Endri

Pegiat Sosial

Edward Anthony wakil bupati waykanan

Posting Terkait