Infrastruktur Milenial Kita

Oleh: Iwan Nurdin

Sekarang ini zaman milenial, demikian orang-orang. Generasi baru yang lahir di awal milenium dan akrab dengan gadget, media sosial dan suka suasana kesetaraan.

Mereka mencari uang dengan cara-cara baru, menjadi youtuber, vlogger dan membangun aplikasi start up. Beda sekali dengan pendahulunya yang sebagian besar menginginkan menjadi PNS atau karyawan.

Menurut riset, uang yang dikumpulkan oleh generasi ini lebih banyak untuk menikmati keindahan ciptaan Allah dengan banyak melakukan perjalanan, makan enak, berpetualang dan menyumbang. Istilah kerennya, piknik. Wajar ejekan lembut kepada temannya yang nggak gaul adalah: makanya perbanyak piknik.

Supaya eksis mereka, dengan kreatif menciptakan tempat piknik baru yang dan menyenangkan. Bahkan murah meriah tapi berkelas. Syukurnya Indonesia begitu banyak lokasi lokasi yang belum dipamerkan. Itulah sebabnya, generasi ini suka dengan perbaikan jalan-jalan dan infrastruktur yang makin membuat jalan ke desa desa makin baik. Mereka adalah tim marketing Indonesia yang sedang berbenah dengan cepat.

Kuota dan jaringan telekomunikasi yang baik adalah kebutuhan utama generasi ini. Hebatnya, setiap tahun semua jaringan telekomunikasi makin murah dengan layanan makin cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kilat saja langsung bisa upload menonton video. Milenial memang dimanjakan oleh infrastruktur telekomunikasi dan jalan jalan baru di pelosok.

Cara belajar mereka juga unik. Bicara dengan handphone untuk hal hal yang mereka belum tahu, lalu oleh hand phone tersebut diberi berbagai ulasan dan jawaban. Merekalah tumpuan baru bangsa ini. Perbaikan infrastruktur semoga membuat mereka melejit. Sebab jaringan telekomunikasi kita tidak beda dengan negara negara maju. Sementara generasi ini belajar dengan cepat.

Sebagian besar postingan mereka begitu optimis, humoris dan suka berbagi. Saya percaya mereka generasi emas Indonesia, sebagian mereka telah membuktikannya saat menjadi relawan dalam Asian Games sehingga menjadi puja puji dunia sebagai penyelenggara terbaik.

Anda yang tua, sudah gak bisa pake jeans karena berat dan gak nyaman, jangan takut. Anda tetap bisa tidur nyaman dengan generadi baru Indonesia. Saya yakin kita tak akan bubar, tapi makin kuat dan sejahtera.

(*)

Infrastruktur Milenial

Posting Terkait