Ini 4 Manfaat Mentimun Bagi Tubuh

(Ist)

Mentimun sangat mudah dijumpai dan biasanya banyak disajikan sebagai pelengkap untuk lalapan, salad, rujak, acar, hingga minuman segar.

Walau begitu, masih belum banyak orang yang tahu tentang nilai serta manfaat kesehatan yang terkandung di dalam mentimun. Seperti dikutip dari Indian Express, dan dilansir dari detikHealth, berikut berbagai manfaat mentimun bagi kesehatan tubuh:

1.Menjaga asupan air di tubuh

Mentimun terdiri dari 95 persen air, yang memiliki nilai gizi lebih dari segelas air biasa. Mentimun membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan tentunya membantu menetralkan toksin dalam tubuh.

  1. Mengontrol tekanan darah

Mentimun mengandung mineral penting seperti kalium, magnesium dan serat, yang efektif mengontrol tekanan darah agar tetap dalam level yang normal. Faktanya, mentimun sangat cocok untuk orang yang mengalami tekanan darah tinggi.

  1. Menyegarkan kulit

Mentimun mengandung potasium dan sangat ideal untuk kulit kering. Selain itu, mentimun juga bisa mengurangi lingkaran hitam pada mata. Tempatkan irisan mentimun pada mata setiap hari selama 8-10 menit untuk mengurangi lingkaran hitam dan bengkak di sekitar mata. Atau cukup gunakan mentimun parut untuk kulit yang halus dan segar.

  1. Mengobati kulit dari sengatan matahari

Mentimun yang diiris atau dihaluskan yang kemudian diterapkan pada kulit selama 10 sampai 15 menit akan membantu masalah kulit akibat sengatan sinar matahari. Hal ini merupakan cara alami, lembut dan murah untuk mengobati luka bakar akibat matahari.

(net/hp)

Mentimun

Posting Terkait