Inspektorat OKU Periksa Kades Ulak Lebar dan Pedataran

Inspektorat OKU Periksa Kades Ulak Lebar dan Pedataran

Sekretaris Inspektorat Kabupaten OKU, Robinsyah. Foto: Ariyan/fajarsumatera.co.id

OKU – INSPEKTORAT Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) membentuk tim khusus untuk memeriksa Kepala Desa Ulak Lebar dan Kepala Desa Pedataran di Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten OKU.

Kedua Kades tersebut diduga telah melakukan penyimpangan dalam pengelolaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2017.

Baca Juga:  Oknum Kakon Markup Empat Pembangunan Dana Desa

“Saat ini kita sudah bentuk tim. Ada 2 tim yang akan turun ke lapangan guna melakukan audit terhadap Kades Ulak Lebar dan Kades Pedataran,” kata Kepala Inspektorat Kabupaten OKU melalui Sekretaris Robinsyah, Rabu (7/2/2018).

Robin mengatakan, berdasarkan pengaduan dari masyarakat, pihaknya akan menindaklanjuti dugaan penyimpangan tersebut. Seluruh berkas administrasi akan diperiksa sekaligus ke lapangan untuk pengecekan fisik bangunan.

Baca Juga:  BPMPD Coba Alokasikan DD Untuk Bidang Kesehatan

“Apabila ditemukan kerugian negara, maka kita perintahkan untuk segera dikembalikan ke kas daerah. Tapi sebaliknya, kalau kades membandel, dalam artian tidak mau mengembalikan kerugian, selanjutnya kita teruskan ke pihak hukum,” tegasnya.

Pada intinya, lanjut Robin, Inspektorat hanya melakukan pemeriksaan, juga pembinaan dan bekerja sesuai dengan fungsinya.

“Kalau masih ada kades yang tidak bisa dibina maka langsung kita serahkan saja ke pihak hukum,” ujarnya.

Baca Juga:  Karang Taruna Aplaus Kakam Gunungsari

Dia berharap kepala desa lebih disiplin, lebih teliti, dan tepat sasaran dalam mengelola dana desa supaya tidak terjadi penyimpangan. (Ari)

Dana Desa Inspektorat OKU

Posting Terkait