Kabar dan Rencana Komisi III DPR RI ke Pulau Tegal ‘Diteriaki’ WALHI Lampung

Kabar dan Rencana Komisi III DPR RI ke Pulau Tegal 'Diteriaki' WALHI Lampung

Puan Maharani terlihat membelakangi Thomas Aziz Riska. Ketua DPR RI ini juga didampingi beberapa orang saat berada di Pulau Tegal. Sumber foto diambil dari akun instagram @tegalmasthomas

Fajar Sumatera – Kabar dari sumber terpercaya yang diterima Fajar Sumatera menyoal adanya rencana kunjungan angggota Komisi III DPR RI ke Pulau Tegal, ‘diteriaki’ oleh Direktur Eksekutif WALHI Lampung, Irfan Tri Musri.

‘Teriakan’ itu dituangkan Irfan dalam voice record yang diterima reporter Fajar Sumatera lewat aplikasi pesan Whats App, Senin malam, 15 Februari 2021. Awalnya Irfan menuliskan kata “KECAM“.

Lalu ia menuturkan, ”WALHI Lampung mengecam rencana kunjungan tersebut. Karena Komisi III ini komisi hukum. Sedangkan, objek wisata tersebut ada beberapa persoalan hukumnya yang belum tuntas. Hal ini akan menimbulkan semakin ketidakpercayaan masyarakat terhadap proses penegakan hukum”.

Baca Juga:  Ini Jawaban KPK Atas Permohonan Bupati Mesuji

Sejauh ini, ucap Irfan, hal-hal yang berkenaan dengan proses penegakan hukum yang seyogyanya disematkan KPK hingga KLHK kepada pengelola wisata Pulau Tegal pada sisi perizinan sampai pada soal masuknya wilayah Pulau Tegal ke Zona Pertahanan dan Keamanan atau Zona Hankam pun, belum memasuki penjatuhan sanksi secara jelas.

“Terlebih sampai dengan hari ini pun proses penegakan hukumnya belum jelas sudah sejauh mana. Terkait dengan pelanggaran yang dilakukan (pengelola) Tegal Mas,” ungkap Irfan.

Soal rencana kunjungan Komisi III DPR RI ke Pulau Tegal sendiri sampai detik ini tidak diketahui diakui oleh Thomas Aziz Riska sebagai pengelola tempat wisata itu. “Saya belum tahu,” tulis ia singkat lewat pesan Whats App, saat dimintai tanggapannya pada Senin malam.

Baca Juga:  Prof. Zainal Arifin Hasibuan:  Partai Berkarya akan Perjuangkan UU Teknologi Informasi dan Komputer

Pulau Tegal diketahui memiliki laman instagram. Pada laman media sosial itu, terunggah kegiatan atau kunjungan Puan Maharani selaku Ketua DPR RI. Di sana, Puan Maharani terlihat sedang berswafoto.

Tak ayal memang, bila pulau di Kabupaten Pesawaran ini banyak mendapat kunjungan baik dari lokal, nasional hingga mancanegara. Sebab pemandangan di sana diakui pengunjungnya cukup menarik.

Sejumlah petinggi atau elite yang bertugas pada lembaga penegak hukum pun, acap kali terpotret sedang bersantai di pulau tersebut bahkan dijamu oleh Thomas.

Baca Juga:  KPK Sebut akan Titipkan 2 Tahanan Perkara Korupsi Lampung Selatan ke Rutan Way Hui

Melihat pada soal-soal hukum yang berkait dengan Pulau Tegal, memang KPK dengan sejumlah kementerian terkait, sudah tercatat berangkat ke sana.

Misalnya, ketika Saut Situmorang pimpinan KPK kala itu, memimpin rombongan berkunjung ke sana. Sepanjang kegiatan tersebut, Saut bahkan dimintai waktu oleh pengelola Pulau Tegal untuk berfoto berdua. Namun sayang, waktu itu Saut Situmorang menolak permintaan tersebut.

Dengan singkat Saut Situmorang berkata kepada Thomas Riska, bahwa Saut tahu maksud dan tujuan dari ajakan foto berdua tersebut. Saut menyarankan, ”kalau mau berfoto, bersama-sama saja lah”.

Sesuai agenda kerjanya, Komisi III DPR RI memang tidak mencantumkan jadwal kunjungannya ke Pulau Tegal.

Hingga kabar ini dipublikasikan, belum ada keterangan resmi dari DPR RI.

Reporter: Ricardo Hutabarat

DPR RI KPK Pulau Tegal Mas Thomas Aziz Riska Walhi

Posting Terkait