Kadisdukcapil Tanggamus Tertangkap OTT Dengan Bukti Uang Rp10 Juta

Irsan Rianto, Kadisdukcapil Tanggamus (ist)
KOTA AGUNG,FS-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanggamus berinisial IR, sementara diperiksa intensif di Polres Tanggamus setelah terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT). Selain itu didapati juga satu perangkat alat hisap sabu beserta plastik berisi sisa sabu.
Penangkapan dilakukan oleh Satreskrim Polres Tanggamus yang mendatangi ruangan IR pada pukul 10.30 Wib. Saat itu ada seorang lainnya berinisial BD, namun dari pemeriksaan sementara ditetapkan hanya IR yang harus menjalani pemeriksaan intensif. 
“Sampai sekarang kami hanya menetapkan IR untuk kasus ini. Statusnya masih saksi karena kami masih akan mendalami kasusnya,” ujar Kasatreskrim AKP Hendra Saputra, Rabu (22/2).
Ia mengaku penetapan IR sebagai pihak yang bertanggungjawab karena didapati uang sebesar Rp 10 juta yang dibungkus di dua amplop berwarna cokelat. Uang tersebut terkait sebuah proyek, namun bentuknya seperti apa dan proyek apa masih didalami oleh Satreskrim. Kemudian akan dikembangkan lagi uang tersebut dari mana dan akan digunakan untuk apa. “Kami masih mendalami uang tersebut, dan bagi Tim Saber Pungli ini termasuk besar,” terang Hendra.
Ia mengaku, pengungkapan kasus ini atas adanya laporan masuk ke tim saber pungli. Kemudian diputuskan untuk melakukan penangkapan dan memang didapat bukti yang kuat. “Pokoknya kami tegas saja, apabila ada laporan terkait tugas saber pungli kami langsung adakan penangkapan. Dan sampai saat ini baru dua polres di Lampung yang lakukan tindakan OTT, dan dari kasus disdukcapil ini yang terbesar bagi OTT di Lampung,” kata Hendra.
Ia pun menambahkan saat penggeledahan di ruang kerja IR didapati juga satu perangkat alat hisap bong dan satu klip plastik yang di dalamnya ada sisa sabu. Untuk perkara ini akan diperiksa intensif oleh Satuan Narkoba karena nantinya akan dilaksanakan tes urine dan pengembangan dari mana barang-barang yang mengidentikan ke narkoba tersebut. “Jadi nanti yang menangani itu bukan tim saber pungli, melainkan Satnarkoba, tapi saya yakini yang bersangkutan pengguna aktif,” terang Hendra.
Selanjutnya Satreskrim Polres Tanggamus akan mengembangkan kasus ini karena sampai saat ini modus kasusnya belum jelas, karena yang  didapati baru barang bukti saja. Dan jika nanti ada keterlibatan pihak-pihak lain, tim saber pungli secara tegas akan menindaknya.
Plt Bupati Tanggamus Samsul Hadi menyayangkan kasus ini sebab ini sudah merendahkan nama Tanggamus dan nama pejabat itu sendiri. “Kami sudah berikan imbauan supaya jangan melakukan hal-hal yang melanggar dan jika sudah terjadi seperti ini merendahkan Tanggamus dan nama pejabat itu sendiri,” ujarnya.
Ia mengaku, menyerahkan masalah IR ke penegak hukum, atas tindakannya. Dan sebagai kepala daerah akan segera menunjuk pelaksana tugas (plt) Kepala Disdukcapil sebab posisinya terkait dengan pelayanan publik, dan itu tidak boleh terhambat. “Nanti langsung ditunjuk plt karena kedudukannya terkait urusan publik, itu akan dilaksanakan secepatnya,” terang Samsul. (SB/CI).

Posting Terkait