Kelangkaan Elpiji 3 Kg Dipicu Lemahnya Pengawasan

Ilustrasi Elpiji 3Kg. (Ist)

PANARAGAN—Masyarakat Tulang Bawang Barat beberapa minggu terakhir mengeluhkan kelangkaan gas elpiji 3 kg. Seperti yang terjadi di Tiyuh Daya Asri dan sekitarnya, warga merasa kesulitan mencari barang bersubsidi tersebut.

Langkanya gas elpiji  (LPG) 3 kg tersebut, mendapat sorotan dari Wakil Komisi B DPRD Tulang Bawang Barat, Gunawan Agung Kuncoro. Ia menilai kondisi ini disebabkan oleh minimnya pengawasan dari Dinas Koperindag kepada pangkalan.

Baca Juga:  Wacana Pencabutan Subsidi Elpiji Melon Ditanggapi Beragam

“Kami meminta Diskoperindag untuk proaktif dalam pengawasan distribusi serta Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpiji 3 kg,” ujarnya, Senin (4/12).

Anggota Komisi B DPRD Tubaba ini mengaku sering mendapat informasi dan aduan dari warga tentang kelangkaan gas elpiji 3 kg di sekitar kecamatan Tumijajar dan sekitarnya.

Menurutnya, pemerintah telah menerapkan kebijakan bahwa yang berhak menikmati subsidi elpiji 3 kg adalah 40% masyarakat dengan tingkat kesejahteraan paling rendah. Data 40% masyarakat dengan status sosial ekonomi terendah berdasarkan kriteria-kriteria penilaian seperti kepemilikan aset, perumahan, pekerjaan, tingkat pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

Baca Juga:  Bareskrim Polri Selidiki Langkanya Gas Elpiji 3 Kg

“Yang masuk dalam kriteria penerima manfaat barang subsidi tersebut adalah mereka para pemegang salah satu dari kartu bantuan pemerintah, seperti Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sudah otomatis berhak menerima subsidi elpiji 3 kg,” ungkapnya.

Dirinya mensinyalir adanya pelaku industri yang menggnakan gas bersubsidi tersebut, sehingga berdampak kelangkaan elpiji.

Baca Juga:  Pertamina Bantah Kurangi Suplai Gas

“Atau jangan-jangan industri dan rumah makan menggunakan elpiji 3 kg. Jika dugaan ini betul, maka kami minta Koperindag segera mengambil tindakan tegas,” pungkasnya.(GS)

keterangan foto: Sekretaris Fraksi Golkar Nasdem Bersatu DPRD Tubaba, Gunawan Agung Kuncoro,

elpiji 3 kg

Posting Terkait