Kemendag Jamin Stok Bahan Pokok

Ilustrasi. (Ist)

JAKARTA—Pasca pascapenetapan harga eceran tertinggi (HET) untuk tiga komoditas, Kementerian Perdagangan menjamin ketersediaan bahan pokok jelang Ramadan. Permintaan masyarakat terhadap ketiga bahan pokok itu meningkat di luar perkiraan setelah HET ditetapkan.

“Oleh karena itu, pemerintah sudah menyiapkan stok yang cukup untuk persiapan Ramadan dan Idul Fitri. Gula kami miliki 460.000 ton, daging punya lebih dari 70.000 ton, beras tidak khawatir, dan demikian juga minyak goreng,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, Senin (17/4).

Harga eceran tertinggi (HET) berlaku untuk tiga bahan pokok yaitu gula, daging, dan minyak goreng kemasan sederhana yang dijual di ritel modern. Harga gula ditetapkan maksimal Rp12.500 per kilogram, daging Rp80.000 per kilogram, dan minyak goreng kemasan sederhana Rp11.000 per liter.

Mendag menyebutkan stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang mencapai 2 juta ton, sedangkan minyak goreng curah sebesar 1,5 juta ton. Semua bahan pokok tersebut dapat digelontorkan sewaktu-waktu jika ada indikasi kenaikan harga atau stok di pasar bermasalah. Namun, beberapa

bahan pokok lain seperti telur ayam masih menjadi masalah lantaran harganya turun terlalu jauh. Berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP), per Senin (17/4), rata-rata harga telur ayam secara nasional adalah Rp21 ribu per kilogram atau lebih rendah dari posisi sebulan sebelumnya yang sekitar Rp21.300 per kilogram. (*)

Posting Terkait