Kenangan Zulkfikar Umar Bertugas di Timor Timur

Zulfikar Umar/FOTO: IST

BANDARLAMPUNG — Zulfikar Umar (74), salah satu veteran asal Lampung. Di kala itu ia menjabat Wakil Komandan Koramil yang di tugaskan dalam pertempuran di Timor  Timor melawan bangsa Portugis.

Zulfikar mengatakan, demi Negara Kemerdekaan Replik Indonesia(NKRI) saya siap tempur meski nyawa taruhannya

“Pada tahun 1976 saya bertugas berperang melawan portugis selama ini 10 Bulan. Dalam perang saya sedang berjaga posko lalu terdengar suara ledakan Granat, saya melihat di tubuh sebelah kiri saya sudah bersimpuh darah terkena bercikan Granat, ” jelasnya saat di temui di rumah, beberapa waktu lalu

Mantan wakil komandan Koramil ini menambahkan,  dalam proses penyembuhan saya di bawa ke Rumah Sakit Dili Timor-timor di rawat dengan peralatan seadanya, walau belum sembuh dari luka percikan granat saya sudah harus turun lagi ke medan perang, jiwa pejuang tidak akan menyerah sampai akhir.

“Pada  10 November 2017 ini bangsa Indonesia merayakan Hari Pahlawan. Momentum perayaan ini tentunya bukan hanya sekedar hadiah, melainkan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa raga dan hartanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Pesan saya kepada anak muda penerus Bangsa,  angar bisa menjaga ke utuhan NKRI,” ujarnya

Dalam perjalanan hidupnya menjadi pejuang Bangsa, pada Tahun 1962  dari Batalion ke Kodim lalu jabatan terakir menjadi Wakil Koramil Natar, Lampung Selatan.(RD)

 

Posting Terkait