Kesbangpol Pesawaran Monitoring Paham Radikalisme

Kesbangpol Pesawaran Monitoring Paham Radikalisme

Kepala Kesbangpol Kabupaten Pesawaran Pathurozi.

PESAWARAN – PEMERINTAH Kabupaten Pesawaran terus melakukan monitoring terhadap beberapa orang yang diduga ikut terlibat dalam paham radikalisme Suriah.

“Kita terus melakukan monitoring kepada masyarakat yang kami duga memiliki paham radikalisme, dan ada salah satu warga yang baru dua tahun pulang dari Suriah. Untuk identitasnya sudah kita kantongi dan selalu kita pantau perkembangan, namun saat ini yang bersangkutan masih keluar provinsi,” ungkap Kepala Kesbangpol Kabupaten Pesawaran Pathurozi, ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (21/5).

Baca Juga:  Kesbangpol Pesawaran Ingatkan Soal Paham Radikalisme ke Masyarakat

Informasi sementara yang bersangkutan ada di wilayah Serang, Banten, aktivitasnya berjualan namun informasi terakhir ada di daerah Bogor.

“Selain itu kami juga lagi monitoring ada juga di daerah Kecamatan Padangcermin,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu guna mencegah paham radikalisme maupun terorisme yang memecah belah persatuan dan kesatuan juga mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saat ini ada beberapa kelompok maupun orang-orang yang berkaitan dengan dugaan terlibat paham radikalisme maupun terorisme,” katanya.

Baca Juga:  Kesbangpol Pesawaran Ingatkan Soal Paham Radikalisme ke Masyarakat

Ketika ditanya terkait pendanaan kelompok teroris, dirinya menjelaskan, biasa mereka mendapat bantuan dana luar negri langsung ke rekening jaringan-jaringan terorisme.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Pesawaran untuk mewaspadai kelompok radikalismes, terutama rumah-rumah kontrakan yang akan dijadikan lokasi perakitan bom.

“Saya juga mengimbau kepada pemilik rumah kontrakan harus selektif menerima orang yang hendak menyewa dan menyertakan identitas karena khawatir mereka jaringan terorisme karena kewaspadaan itu tentu dapat mencegah kelompok radikalisme maupun terorisme,” katanya.

Sementara itu pasca penangkapan terduga teroris bernama Supriyanto yang dilakukan Detasemen khusus (Densus) 88 di Pasar Tamin pada Jumat kemarin (18/05/18).

Baca Juga:  Kesbangpol Pesawaran Ingatkan Soal Paham Radikalisme ke Masyarakat

Jajaran Polres Pesawaran melakukan pengawasan ketat terhadap simpatisan dan kerabat terduga teroris bernama Supriyanto. Hal itu disampaikan Kapolres Pesawaran AKBP Syaiful Wahyudi,  Senin (21/05).

“Terkait dengan simpatisan terduga teroris yang ditangkap Densus 88, sedang di lakukan pengawasan oleh petugas baik terhadap keluarga,  termasuk anak dan istri serta rekannya,  doktrin pasti ada,” kata Syaiful di rungan kerjanya, Senin (21/05). (MH/PS)

Kesbangpol Pesawaran Paham Radikalisme

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan