Korea Selatan Gelontorkan 4 Juta USD Untuk Bantu Ringankan Pandemi di Indonesia

Jakarta- Sabtu 24 Juli 2021 Korsel Kembali Kirim Bantuan Berupa Konsentrator Oksigen dan Ventilator Pada Sabtu 24 Juli 2021.

Pemerintah Korea Selatan mengambil langkah berikan bantuan kepada Pemerintah Indonesia yang sedang menghadapi situasi darurat akibat langkanya ketersediaan konsentrator oksigen dan ventilator di tengah meningkatnya penyebaran Covid-19.

Program-program kerja sama tersebut meliputi pemberian peralatan tes PCR dan test kit antigen untuk meningkatkan kapasitas pengetesan, pelaksanaan program peningkatan sumber daya tenaga kesehatan, serta pemberian bantuan penanggulangan penyebaran Covid-19 di daerah-daerah terpencil, termasuk pulau-pulau terluar.

pukul 15:30, kiriman bantuan darurat tahap kedua oleh Pemerintah Korea Selatan untuk Indonesia telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Bantuan kedua yang diangkut dengan penerbangan GA 878 tersebut berupa 150 unit konsentrator oksigen dan 35 unit ventilator.

Sebelumnya, Pemerintah Korea Selatan juga telah menyalurkan 200 unit konsentrator oksigen ke Indonesia pada 18 Juli 2021 lalu sebagai tahap pertama.

Total Bantuan kemanusiaan berupa peralatan medis yang diberikan kepada Pemerintah Indonesia antara lain 350 unit konsentrator oksigen dan 35 unit ventilator yang didatangkan secara bertahap.

Tahun ini Pemerintah Korea Selatan telah mengucurkan dana sebesar 4 juta USD
untuk membantu Pemerintah Indonesia sebagai wujud kerja sama dalam
meningkatkan kapasitas penanggulangan Covid-19.

Rilis/Rismayanti Borthon

Posting Terkait