Kwarda Lampung Hadiri Musprov VIII PMI

Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG – Wakil Ketua Bidang Abdimasgana Kwarda Pramuka Lampung Sumarju Saeni  menghadiri Musyawarah Provinsi (Musprov) VIII Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung di Markas PMI Jl. Hasanudin No. 26 Bandarlampung,  Kamis (12/3).

Atas nama Kwarda Lampung, Sumarju Saeni mengucapkan selamat dan sukses kepada PMI Lampung atas terselenggaranya Musprov VIII dan berharap PMI Lampung semakin berperan dalam pembangunan menuju masyarakat Lampung Berjaya.

“Atas nama seluruh jajaran Kwarda Pramuka Lampung mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Musyawarah Propinsi VIII ini semoga PMI Lampung semakin berperan dalam pembangunan kemanusiaan khususnya dan masyarakat Lampung pada umumnya menuju Masyarakat Lampung Berjaya,” ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa koordinasi dan kolaborasi program/kegiatan PMI dan Pramuka selama ini di Provinsi Lampung sangat erat seperti contoh dalam penanganan tanggap darurat bencana alam tsunami setahun yang lalu di Kabupen Lampung Selatan secara bersama-sama melakukan evakuasi, dapur umum lapangan bahkan pendistribusian logistik.

Baca Juga:  Kwarda Lampung Gelar TOT Pusdiklatda

“Bahkan sampai pasca bencanapun yakni di Hunian Sementara (HUNTARA) Pramuka Lampung memberikan pelatihan serta bantuan pertanian hidroponik; PMI Lampung merehabilitasi tempat ibadah dan membangun MCK untuk umum,” ungkapnya.

Sementara, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Taufik Hidayat mewakili Gubernur Lampung saat membuka Musprov berharap  pola kerja PMI Provinsi Lampung  Masa  Bakti  2014-2019,  dapat diteruskan  oleh pengurus baru Masa  Bakti  berikutnya,  tahun  2020-2025 dengan program-programnya.

“Saya mengharapkan melalui Musprov VIII  PMI Provinsi Lampung ini dapat ditelurkan program  kerja/kebijakan untuk kurun waktu 5 tahun mendatang yang betul-betul akomodatif dimasyarakat,   dan aplikatif sehingga tugas-tugas sosial kemanusiaan yang diemban PMI,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kwarda Lampung Gelar Jota Joti pada 19-21 Oktober 2018

Ketua PMI Lampung, Umar Hasan mengatakan bahwa  PMI Provinsi Lampung dalam kurun waktu  5  tahun  yang lalu  telah bekerjasama dengan  baik.  Disamping itu dengan Palang Merah Negara  sahabat antara  lain Amerika dalam menangani program pengurangan risiko terpadu berbasis  masyarakat  di  PMI Kabupaten Tanggamus dan Lampung Barat.

“PMI Lampung juga bekerjasama dengan International Federation of  Red  Cross  and  Red  Crescent Sociaties (FRC  ) dalam menangani Program Pemulihan  Dini  Korban  Tsunami  Selat  Sunda  di Lampung  Selatan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Sekjen PMI Pusat, Sudirman Said yang hadir didampingi oleh pengurus PMI pusat lainnya mengawali samputannya menyampaikan keheranannya dengan kebersihan kantor PMI Lampung. Bahkan melebihi kantor PMI Pusat.

Baca Juga:  Kwarda Lampung Temui Pelaku Sejarah Transpram II

Disamping itu juga memberikan apresiasi atas  terselenggaranya  Musyawarah Provinsi Lampung ini. Hal tersebut mengingat Musprov ini merupakan yang pertama kali di Indonesia pada tahun 2020 ini.

Dikatakan juga bahwa dalam menentukan kepengurusan hendaknya dilaksanakan secara musyawarah dan lanjutkan program-program yang sudah baik serta inovasi program lainnya dengan semangat  pengabdian kemanusiaan secara luas.

Keta Pelaksana Musprov, Zulkifli yang juga Sekretaris PMI Lampung masa bhakti 2015-2019 mengatakan bahwa Musprov ini dihadiri oleh Dinas/Instansi terkait serta diikuti oleh 54 peserta  dan juga dihadiri oleh 14 perwakilan pengurus PMI kabupaten/kota serta Kepala Unit.  Transfusi Darah (UTD) PMI se-Lampung. (*)

kwarda lampung Musprov VIII PMI Lampung

Posting Terkait