Lambar Gelar Bimtek Mitigasi Resiko Pengadaan Barang dan Jasa

Foto: Febri Andrian

LIWA – Pemkab Lampung Barat (Lambar) melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Pemkab setempat, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Mitigasi Resiko Pengadaan Barang dan Jasa di Aula Kagungan yang dibuka langsung oleh  Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Sudarto, dengan nara sumber DRSP Dr.Hi. Fahrurrazi,M.Si dari LKPP, Selasa (20/8).

Dalam arahannya, Sudarto menyampaikan,  untuk mewujudkan pelaksanaan pengadaan barang jasa secara cepat, mudah dan akuntabel, diharapkan penggunaan keuangan negara akan menghasilkan barang jasa yang tepat di ukur aspek kualitas, kuantitas, waktu, biaya, lokasi dan penyedia (value for money).

Baca Juga:  Pengadaan Barang Harus Transparan

“Proses pengadaan barang jasa mempunyai peran yang sangat penting dan strategis,” kata Sudarto.

Kemudian, pengadaan barang dan jasa bukan hanya suatu proses untuk mendapatkan penyedia barang dan jasa, tetapi harus dimaknai secara luas bahwa pengadaan barang dan jasa mempunyai pengaruh yang sangat penting dan strategis dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk pelayanan publik serta pengembangan perekonomian nasional dan daerah yang pada akhirnya memberikan kontribusi dalam peningkatan penggunaan dalam negeri, peningkatan peran usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah serta pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga:  Pengadaan Barang Harus Transparan

“Terakhir, harus diketahui bahwa pengadaan barang jasa pemerintah yang efisien dan efektif merupakan salah satu bagian penting dalam perbaikan pengelolaan keuangan negara yang diimplementasikan dengan pelaksanaan pengadaan barang jasa pemerintah secara elektronik (e-procurement),” kata Sudarto.

Arah kebijakan pengadaan barang jasa antara lain dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pendapatan dan pengurangan kemiskinan dengan penerapan pola partisipatif kolaboratif dan perluasan pemanfaatan teknologi. (FB)

Pengadaan Barang Dan jasa

Posting Terkait