Lampung Utara

Asisten III Pemkab Lampung Utara Panen Bawang di Desa Abung Jayo

FAJARSUMATERA – Sukses meraih hasil panen bawang merah yang membanggakan menjadi sumber kegembiraan bagi Gapoktan Sumber Rejeki di Desa Abung Jayo Kabupaten Lampung Utara. Jumat (25/8/2023)

Dalam sambutannya, Asisten III H. Sopyan, SP. MM., mengapresiasi upaya bersama dalam program ini, Pemkab Lampura berharap program ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi petani dan masyarakat setempat.

Melalui program ini, dinas pertanian dan Hortikultura menyalurkan bantuan berupa benih sebanyak 5 ton, pupuk NPK sebanyak 500 kg, mulsa sebanyak 25 gulung, POC sebanyak 15 L, dan PHC sebanyak 15 L kepada petani di Desa Abung Jayo dan Desa Cabang Abung Raya.

Kegiatan panen bawang merah ini, merupakan bagian dari program aspirasi pengembangan kampung sayuran yang di motori oleh bantuan dari Dinas Pertanian dan Hortikultura.

” Mudah-mudahan program ini, dapat memberikan dampak positif bagi para petani bawang merah dan menghasilkan panen yang selalu berlimpah,” imbuhnya

Sementara itu, Kabid Psp Muntofik menyatakan, Program ini merupakan wujud nyata dukungan pemerintah dalam meningkatkan produksi pertanian di daerah.

Kolaborasi antara berbagai pihak, seperti Gapoktan, Dinas Pertanian, dan mahasiswa PKL UMKO, telah menghasilkan buah yang manis yakni menghasilkan panen yang memuaskan.

” Alhamdulillah panen kali ini sangat memuaskan, kerja sama yang sudah dibentuk antara Gapoktan, Dinas Pertanian, dan mahasiswa PKL UMKO membuahkan hasil yang memuaskan,” ujarnya.

Dijelaskan Muntofik, keberanian para petani dalam menanam bawang merah ini sempat terguncang oleh ketidak pastian dan keraguan akan kondisi lahan di Abung jayo. Namun, dengan tekad yang kuat dan kerja keras, mereka berhasil mengatasi hambatan tersebut.

” Ya. Tadinya sempat ada keraguan pada para petani untuk menanam bawang merah,namun sekarang para petani bisa tersenyum melihat hasil panen yang mereka dapat,” terangnya.

Ditempat sama Ketua Gapoktan Bowo Leksono menjelaskan bahwa luas tanaman bawang merah mencapai 5 hektar, telah berhasil dipanen sekitar 3 hektar tanaman. Keberhasilan panen telah menarik minat petani untuk terus mengembangkan budidaya bawang merah di masa yang akan datang.

“Sangat penting adanya pendampingan dan bimbingan dari para Penyuluh Pertanian kepada petani bawang merah untuk menghasilkan penen yang memuaskan,” tungkasnya

Hadir pada acara ini, Asisten III Pak H. Sopyan, SP. MM., Kadis TPH Tomy Suciadi, S. Tp. MM., Camat Abung Selatan Dedi Irawan, S. Kom. MM., Kabid Horti Eka Saivani, S. TP, MM., Kabid Psp Muntofik, SE., POPT Abung Selatan Arman Ansori, SP., Korluh Absel Fatimah Ali, SP. M. Si., serta PPL Absel dan mahasiswa PKL UMKO.. (R)

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button