Lampura Gelar KBM Tatap Muka

KOTABUMI,FS- Seluruh sekolah Lampung Utara mulai dapat melakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka terhitung sejak awal pekan ini. Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka untuk menindaklanjuti aspirasi dari masyarakat.

“KBM tatap muka sudah dimulai hari ini. Pekan ini masih tahap percobaan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Mat Soleh, Senin (8/3/2021).

Menurut Mat Soleh, kebijakan untuk kembali membuka KBM itu didasarkan oleh sejumlah pertimbangan. Pertimbangan pertama adalah untuk menindaklanjuti aspirasi para wali murid yang gelisah dengan KBM jarak jauh.

Mereka mengeluhkan bahwa sistem KBM jarak jauh membuat anak – anak mereka semakin ‎betah untuk bermain game. Selain itu, sistem KBM jarak jauh dianggap tidak begitu maksimal dalam proses transfer ilmu atau pengetahuan.

“Banyak aspirasi yang disampaikan pada pak bupati supaya sekolah kembali tatap muka,” jelasnya.

Pertimbangan kedua adalah penilaian atas KBM jarak jauh. Sistem ini dinilai tidak cukup mumpuni dalam proses pembentukan karakter siswa yang unggul. ‎Proses itu hanya dapat dilakukan melalui KBM tatap muka.

“Yang ketiga adalah adanya anjuran dari Kementerian Pendidikan dan ‎Kebudayaan untuk segera membuka kembali sekolah,” papar dia.

Meski proses KBM telah dilakukan, namun ‎pihaknya tetap mewajibkan pihak sekolah untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Jaga jarak dan lainnya harus tetap diperhatikan. Tujuannya agar tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 akibat KBM.

“Para siswa nantinya akan dibagi waktu masuk sekolahnya. Maksimal pembelajaran hanya dua atau 3,5 jam sehari,” ujarnya (R).

Posting Terkait