Lampura Punya Pelacak Virus Korona

KOTABUMI, FS- Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara (Sekda) Drs. H. Lekok, M.M., meluncurkan Scan QR Code Aplikasi Peduli Lindungi guna diterapkan di lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

Acara launching berlangsung di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Kamis (21/10/2021)

Dalam sambutanya, Sekda menjelaskan bahwa Peduli Lindungi adalah aplikasi yang dikembangkan Pemerintah melalui kerjasama Kementerian Kesehatan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) dan operator telekomunikasi. Aplikasi ini diluncurkan guna membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan digital untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

“Aplikasi ini diperuntukan guna membantu pemerintah daerah Kabupaten Lampung Utara dalam upaya menekan penyebaran virus Corona pada umumnya, khususya kantor-kantor Pemerintah Daerah,” ucap Sekda

Lanjut Sekda, penggunaan aplikasi ini sangat membantu Pemerintah dan masyarakat dalam menekan risiko penyebaran virus. melalui fitur scan QR di setiap pintu masuk lokasi, akan dapat mengatur kepadatan pengunjung sehingga protokol kesehatan akan dapat terjaga dan diimplementasikan dengan baik.

Oleh kerena itu, saat masyarakat melakukan tracking dan tracing melalui aplikasi teknologi ini dapat mempermudah pengguna untuk melakukan pelaporan, saat sedang melakukan perjalanan. Selain itu data pribadi pengguna aplikasi Peduli Lindungi akan dijaga kerahasiaannya, dan hanya digunakan untuk kepentingan tracing.

” Aplikasi Peduli Lindungi ini akan langsung terhubung dan terintegrasi dengan sistem dan basis data Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Melalui fitur pindai QR Code, aplikasi ini juga bisa melacak data masyarakat yang sudah tervaksinasi dan menampilkan hasil Testing (Tes PCR atau Swab Antigen),” terang Sekda

Selain itu, aplikasi Peduli Lindungi memiliki beberapa fitur lain yang bermanfaat untuk masyarakat, seperti sertifikat vaksin, fitur E-Hac, Informasi Zona Risiko, Paspor Digital, dan fitur lain. Beragam fitur ini berperan penting dalam mendukung upaya pemerintah melaksanakan surveilans (pengamatan) kesehatan dan memfasilitasi tatanan kehidupan baru.

“Keberadaan aplikasi Peduli Lindungi memiliki peranan sentral bagi masyarakat, tidak hanya sebagai alat pemantau vaksinasi, tetapi aplikasi ini juga memiliki informasi lengkap soal kondisi pengecekan prihal kesehatan tiap warga,” pungkas sekda (R)

Posting Terkait