Mensos Berikan Bantuan Untuk Panti di Sukabumi

(Ist)

Menteri Sosial Idrus Marham melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Panti Aura Welas Asih, di Jalan Cipatuguran, Kampung Cipatuguran, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (25/5/2018). Di tempat itu Idrus menyerahkan bantuan sebesar Rp 80.160.000.

Seperti yang dilansir dari detik.com, Bantuan tersebut dialokasikan untuk biaya makan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dirawat di Panti Aura Welas Asih selama 1 tahun. Bantuan diterima langsung oleh ketua panti Deni Solang.

“Saya melakukan kunjungan kerja mengunjungi beberapa panti di Sukabumi, salah satunya panti yang dipimpin oleh Kang Deni. Kami juga menyerahkan bantuan sekedar untuk menjamin makanan ODGJ yang dirawat di tempat ini,” kata Idrus didampingi Dirjen Rehabilitasi Sosial, Edy Suharto dan Wakil Bupati Sukabumi, Ajo Sardjono, Jumat (25/5/2018).

Baca Juga:  Mensos Bicara Soal Peringatan HKSN

Di tempat itu, Idrus juga menyoroti kondisi gedung penampungan panti. Panti Aura Welas Asih saat ini memang berstatus ‘mengungsi’ karena bangunan sebelummya tergusur proyek pembangunan taman alun-alun kota.

“Ini gedungnya masih status pinjaman dari Pemda, maka tadi saya katakan Pemda sudah menyiapkan tanah 2.000 meter . Tadi saya minta juga Kang Deni menyiapkan gambarnya dan rincian biaya anggaran yang diperlukan, nanti kita sama-sama urun rembug masalah (gedung panti) ini segera diselesaikan,” lanjut Idrus.

Baca Juga:  Mensos Naikkan Honor Pekerja Sosial

Idrus mengaku terenyuh melihat kondisi ODGJ yang saat ini ditampung panti. “Mereka begitu bukan kehendaknya, ini betul-betul musibah dan tidak ada satupun di antara mereka yang menghendaki seperti itu. Tinggal saat ini bagaimana kita mengurus mereka, merehabilitasi mereka dengan baik,” ucap Idrus.

Sementara itu Deni Solang mengaku berbahagia dengan kedatangan Mensos Idrus ke panti miliknya.

“Ini memang harapan kami dari dulu pak menteri bisa datang dan melihat langsung kondisi kita secara langsung. Syukur Alhamdulillah, pak mensos akhirnya berkenan datang hari ini dan bertemu lamgsung dengan ODGJ yang kami rawat,” ujarnya.

Deni juga menyambut baik rencana Pemda Sukabumi yang akan memberikan tanah seluas 2.000 meter untuk pembangunan gedung baru panti. Permintaan Mensos Idrus agar dirinya membuat rencana anggaran juga sudah siap disusun.

Baca Juga:  Mensos Ajak Pengusaha Ikut Aktif Tangani Masalah Sosial

“Saya sambut baik dorongan dari beliau, pemda sudah siap lahan. Tinggal dari kami membuat apa saja kebutuhan pembangunan ini akan segera kami tindak lanjuti secepatnya. Pada prinsipnya bagi kami ada atau tidaknya tanah atau bangunan penampumgan ODGJ kami akan tetap melanjutkan perjuangan,” tandas dia.

Selain ke Panti Aura Welas Asih, Idrus juga direncanakan mengunjungi PSRS ODHIV Kahuripan di Cikiwul, Cibadak dan Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Palamartha, Sukabumi. (net/hp)

Mensos

Posting Terkait