Menteri Pertanian Gelar Musrenbang untuk Tingkatkan Pendapatan Petani

Foto: Istimewa

Jakarta – Menteri Pertanian Amran Sulaiman hari ini membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional Tahun 2018. Dalam sambutannya ia ingin pendapatan petani meningkat jadi Rp 316 triliun per tahun.

Menurut Amran, hal ini dilakukan dengan perencanaan regulasi hingga pembangunan infrastruktur. Misalnya, untuk regulasi dengan mencabut regulasi yang menghambat dan infrastruktur dengan pengadaan alat mesin.

Baca Juga:  Ekspor Komoditas Pertanian Meningkat di April 2018

“Mengubah regulasi kita yang tadinya 241 kita cabut yang nggak cocok, akhirnya investasi naik Rp 23 triliun sampai Rp 24 triliun jadi Rp 40 triliun rata-rata. Lalu, alat mesin pertanian nggak bisa maju tanpa mesin dan meningkat jadi 23%,” katanya di Musrenbang ‘Pembangunan Infrastruktur dan Korporasi Petani untuk Percepatan Peningkatan Produksi dan Ekspor Pangan Serta Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin’ di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Senin (21/5/2018).

Baca Juga:  Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan

Acara ini dilaksanakan dari 21 -25 Mei 2018. Hadir pula seluruh pejabat eselon II, Kepala Dinas Provinsi, dan pejabat daerah termasuk Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

“Potensi para petani jadi Rp 316 triliun per tahun. Jadi akhirnya meningkatkan kesejahteraan para petani,” sambungnya, seperti yang dilansir dari detik.com.

Lebih lanjut, kata Amran, hal ini sesuai dengan data Badan Pusat Statistik di mana ekspor pertanian meningkat hingga 6,11% di bulan April. (net/hp)

368 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

pertanian

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan