Metro

Dinkes Metro Luncurkan Layanan Aplikasi Telemedicine

FAJARSUMATERA — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro terus berupaya meningkatkan pelayanan medis kepada masyarakat dengan meluncurkan layanan telemedicine. Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Grand Sekuntum, pada Selasa (12/09/2023).

Walikota Metro Wahdi mengatakan bahwa, kegiatan hari ini menjalin kerjasama tentang layanan telemedicine.

“Jadi kita menjalin kerjasama Mou tentang layanan telemedicine dengan Puskesmas Faskes Primer dan Faskes Lanjut. Pelayanan ini menjadi terobosan kita dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan masyarakat, terutamanya mengatasi ataupun mengurangi AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi), serta angka kematian akibat penyakit katastropik (jantung, kanker, stroke, dan gagal ginjal),” ucap Wahdi.

Menurut Wahdi Walikota Metro, dengan adanya telemedicine ini kedepannya dapat membantu masyarakat Kota metro dalam memberikan pelayanan kesehatan.

“Layanan ini akan mempermudah masyarakat dalam melakukan konsultasi terhadap keluhan penyakit yang dimiliki, dari pihak pelayanan kesehatan juga mudah membantu dan memberikan solusi yang terbaik,” tandasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Eko Hendro mengatakan bahwa, Layanan Telemedicine ini bertujuan memudahkan pelayanan kesehatan jarak jauh bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi mengenai kesehatan melalui aplikasi.

“Jadi intinya itu untuk mempermudah layanan kepada masyarakat, terutama untuk Faskes tingkat pertama ke Faskes rujukan. Lalu, Faskes pertama dan Puskesmas bisa berkonsultasi melalui layanan Telemedicine. Jadi pasien Faskes rujukan tak perlu dirujuk. Sehingga dengan adanya layanan ini dapat mempermudah berkomunikasi mengenai layanan kesehatan” ucap Eko kepada wartawan.

Menurutnya, Layanan Telemedicine yang baru saja dilaunching merupakan perdana di Kota Metro hal ini merujuk ke Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

“Kalo di Metro baru pertama kali ini kita launching layanan telemedicine. Telemedicine ini merupakan program Kementerian Kesehatan tentang Penyelenggaraan Pelayanan Telemedicine Antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Artinya program ini di Metro sudah bisa digunakan oleh masyarakat mulai hari ini,” pungkasnya. (Rahmat)

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button