5 Puskesmas di Kota Metro Sandang Predikat Akreditasi Paripurna
Kota Metro– Lima Puskesmas di Kota Metro menyandang predikat akreditasi paripurna dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.
Menurut Eko Hendro Saputra, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro mengucapkan rasa syukur atas penghargaan akreditasi paripurna.
Eko mengatakan, capaian itu berkat kerja sama seluruh pihak dalam mempersiapkan sampai pelaksanaan akreditasi.
“Sebenarnya teman-teman di Puskesmas sendiri menghadapi akreditasi terasa tertantang karena cukup menyita waktu dan tenaga. Namun jauh hari sebelumnya semua dokumen-dokumen telah di persiapkan,” ujar Eko.
Eko berharap, dengan diraihnya penghargaan dari Kemenkes RI untuk dapat mempertahankan akreditasi paripurna.
Lanjutnya, sehingga dapat terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Kota Metro.
“Akreditasi dilakukan sebagai upaya berkelanjutan dalam memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat,” tuturnya.
Sementara itu, Daniel Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kota Metro mengatakan bahwa, lima Puskesmas yang meraih akreditasi paripurna ialah Puskesmas Tejo Agung, Puskesmas Karang Rejo, Puskesmas Metro, Puskesmas Purwosari dan Puskesmas Ganjar Agung.
“Sebanyak 11 Puskesmas di Kota Metro telah dilakukan survey dan di Akreditasi. Akan tetapi, hasil yang keluar baru lima Puskesmas yang menyandang akreditasi paripurna. Sisanya, masih menunggu hasil pengumuman,” ujarnya, Kamis, (04/01/2024).
Dia menjelaskan bahwa, untuk kriteria aspek penilaian Akreditasi Puskesmas, dinilai dari lima BAB.
“Untuk proses re-akreditasi, terdapat sejumlah aspek penilaian yaitu
Tata Kelola Sumber Daya (TKSD), kemudian Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Tata Kelola Pelayanan dan Penunjang (TKPP). Selain itu, yang dinilai juga yaitu jumlah ketenagaan, capaian program, dan sarana prasarana,” ungkapnya.
Atas capaian Akreditasi Paripurna tersebut, pihaknya berharap pelayanan yang sudah baik terhadap masyarakat harus dipertahankan.
“Kedepan pelayanan yang sudah baik terhadap masyarakat harus dipertahankan, dan yang belum baik agar ditingkatkan,” katanya. (Rahmat)