Mukhlis Basri Lantik 5 Peratin

LIWA-Bupati Lampung Barat (Lambar) Mukhlis Basri melantik lima peratin hasil pemilihan serentak beberapa waktu lalu. Mereka dilantik secara terpisah di masing-masing kecamatan, Rabu (15/11).

Mereka yang dilantik itu Donal Satria, Gunawan, dan Umardani. Masing-masing peratin Pekon Kembahang, Pekon Kotabesi, serta Pekon Canggu,  Kecamatan Batubrak.

Lalu, Takzim (Pekon Sukarame) dan Badri (Pekon Bahway), Kecamatan Balikbukit.

“Pemerintah pekon sebagai unsur terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, mempunyai kedudukan dan peran yang sangat strategis,” kata bupati.

Baca Juga:  Parosil Beri Pengarahan Peratin

Hal itu sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah pekon dituntut untuk lebih aspiratif, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi dan kondisi dalam kehidupan masyarakat.

Pemerintah pekon adalah sebagai salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah. Dalam artian, keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah sangat ditentukan pula oleh keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan pekon.

Kemudian dalam kehidupan masyarakat, sosok peratin merupakan tokoh sentral, sehingga perbuatan, tindakan dan tutur katanya senantiasa akan menjadi teladan bagi masyarakatnya.

Baca Juga:  Mukhlis Basri Nyaman Pimpin Ketua Partai

Kewibawaan peratin akan bergantung pada kemampuannya menjaga kepercayaan masyarakat dengan senantiasa menampilkan suri teladan yang baik serta memberikan pelayanan yang setulus-tulusnya pada masyarakat.

Sebagai pemimpin pemerintahan, seorang peratin harus tampil menjadi pemimpin yang berjiwa pelayan, bukan pemimpin yang menempatkan dirinya sebagai penguasa.

Terlebih dalam iklim politik yang semakin demokratis, kehadiran pemimpin yang berjiwa pelayan menjadi kebutuhan prioritas guna mempercepat proses pembangunan bangsa, daerah dan pekon.

Baca Juga:  Festival Kopi Lambar Ajang Kumpul Penggiat Kopi Nusantara

Selanjutnya kepada seluruh komponen masyarakat, khususnya kepada para tokoh masyarakat dan tokoh agama, diharapkan untuk turut serta membantu peratin di dalam mempimpin penyelenggaraan pemeritahan pekon.

Salah satu bentuk bantuan tersebut dapat pula berupa pengawasan terhadap tindakan dan kebijakan peratin agar selalu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.(Fb)

Lampung Barat Mukhlis Basri Peratin

Posting Terkait