OJK Bersama Pengiat Desa Dirikan BUMDES Center di 434 Kabupaten se-Indonesia

Foto: Ilustrasi. (Ist)

OJK RI bersama para pengiat desa yang tergabung dalam  PT.Bum Desa Indonesia, Yayasan Desa Politan Indonesia, Barisan Nasional Pemberdayaan Desa, Inovator 4.0 Indonesia, Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Indonesia, Bank Mandiri, BRI, BPD, dan maestro UU Desa Budiman Sudjatmiko mendirikan BUMDES Center di 434 kota/kabupaten se-Indonesia.  Hali ini dilakukan Dalam rangka percepatan pembangun di matra ekonomi dan politik berbasis desa dan kawasan.

Ketua yayasan DesaPolitan Indonesia(DESINDO) Hj.Zaidirina,SE., MSi mengatakan bahwa Pendirian BUMDES center di Lampung akan di laksanakan oleh Yayasan DesaPolitan Indonesia bersama OJK Lampung. Perdana akan di laksanakan pada 4 s/d 5 oktober 2018 yang akan datang di kota Bandar Lampung. Pesertanya 1 orang pengurus BUMDES/BUMAKAM/BUMKON yg telah berdiri di 13 Kabupaten yang ada di dalam provinsi lampung.

Baca Juga:  Membangun Lampung dari ‘Pinggiran’, Bagian Terakhir dari Dua Tulisan

BUMDES Center yang terdiri dari Bumdes on line, BUMDES MART, dan market place, selain menciptakan etalase ekonomi baru juga akan menciptakan sharing economy di desa/kampong/pekon/tiyuh yang telah memiliki BUMDES/BUMKAM/BUMKON.

Sehingga desa mampu berproduksi maksimal sesuai SNI dan memenuhi kebutuhan nasional maupun ekspor serta dapat memanen bonus demografi pada dekade akan datang.

Baca Juga:  BUMDes Sewu Artha Jadi Sorotan

BUMDES center di Lampung juga akan berkolaborasi dengan institusi finansial dan instansi pemerintah terkait sampai dengan inovasi teknologi.

Ketua yayasan DESINDO Hj.Zaidirina sebelumnya telah sukses membina 147 Badan Usaha Milik Kampung (BUMKAM) di kabupaten Tulang Bawang yang kemudian menyatukan kekuatan unit usaha BUMKAM yang sejenis menjadi 5 Badan Usaha Milik Antar Kampung (BUMAKAM) dan menjadi yg pertama di Indonesia berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT). 5 Bumakam ini menjadi pilot project bagi OJK RI utk melibatkan TPAKD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah) dan penerapan keuangan inklusif melalui fasilitasi pendirian 434 BUMDES Center di setiap kabupaten di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Desindo Kembali Turut Perkuat Capacity Building BUMDes-BUMADes Pilot Project OJK di Jateng

Harapannya dengan adanya BUMDES center di tiap kabupaten akan membuat perekonomian di indonesia bergerak lebih maju lagi, ujar Hj.Zaidirina. (*)

BUMDes

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan