Pahlawan Kesiangan

Ngupi Pai

Ngupi Pai

Oleh Supendi

Lalu Muhammad Zohri tiba-tiba menjadi pembicaraan dimana-mana setelah berhasil meraih gelar juara dunia lari 100 meter putra U-20 di Tampere, Finlandia. Menempuh waktu 10,18 detik, Zohri memecahkan rekor dunia sebagai pelari tercepat dibawah 20 tahun dan mengalahkan dua sprinter Amerika yang dielu-elukan bakal juara.

Berita soal prestasi mentereng pemuda asal Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut langsung menghiasi dunia maya. Dari mulai pemberitaan di berbagai media online hingga berbagai status jutaan warga Indonesia. Tentu saja, para politisi di negeri ini juga tak mau ketinggalan dengan membikin cuitan hingga memampang foto yang diedit sedemikian rupa—biar keliatan kontribusinya.

Baca Juga:  Zohri Terima Piagam dan Hadiah Rumah Dari Mendagri

Tapi lucunya, bukannya mendapat apresiasi dari masyarakat, para politisi itu justu mendapat cibiran karena dinilai sedang memanfaatkan situasi “basah”. Zohri yang sedang ramai diperbincangkan dan dielu-elukan, bagi para politisi adalah kesempatan untuk meraih simpati dari banyak orang. Tapi biar sajalah namanya juga politisi, biar masyarakat yang menilai.

Banyak yang nyinyir soal prestasi Zohri yang justru digoreng oleh banyak pihak, utamanya politisi untuk mendongkrak popularitas. Sebenarnya sah-sah saja memberikan apresiasi, tapi orang-orang juga jadi bertanya, kemana aja situ selama ini?

Baca Juga:  Presiden Jokowi akan Renovasi Rumah Lalu Muhammad Zohri

Disamping bangga, para politisi utamanya yang bergelut dalam struktur pemerintahan mestinya juga malu. Malu karena selama ini atlet berprestasi itu tak mendapat perhatian selayaknya dari pemerintah.

Padahal sebelum ini, Zohri sudah sering kali memenangkan kejuaraan bergengsi baik di dalam maupun luar negeri seperti di Singapura dan Thailand. Dalam kehidupan sehari-hari, Lalu Muhammad Zohri hidup dengan segala keterbatasan. Ia yatim piatu dan hanya tinggal di sebuah gubuk kumuh ukuran 6×4 meter. Miris bukan? Mengingat prestasinya yang wah.

Baca Juga:  Menteri Basuki: Renovasi Rumah Zohri Tak Sampai 6 Bulan

Sekarang Zohri mendadak jadi terkenal berkat kerja kerasnya. Cerita miris hidupnya, wajib menjadi pelajaran buat pemerintah untuk berbenah dari mulai memperbaiki sistem pembinaan altet sampai pada urusan perut. Supaya pemerintah tak selalu menjadi latah menjadi pahlawan yang selalu bangun kesiangan.(*)

Lalu Muhammad Zohri

Posting Terkait