Pelabuhan Merak Utamakan Kenyamanan Penumpang

BANDAR LAMPUNG – PENANGANAN penyeberangan Merak, Banten sangat diutamakan karena semua pihak pelabuhan bertanggung jawab sesuai tupoksinya, baik itu kesyahbandaran, KPLP, ASDP dan TNI-Polri dalam melayani baik itu penumpang maupun kendaraan roda empat dan dua.

Pelayaran itu sangat diutamakan tentang keselamatan baik penumpang  maupun kendaraan,jadi sudah selayaknya setiap kendaraan yang mengunakan jasa penyeberangan sudah menjadi tanggungjawab dari pihak-pihak yang memiliki wewenang di dalam pelabuhan itu sendiri  seperti kesyahbandaran, KPLP dan ASDP serta pelayaran dan pihak TNI-Polri.

Djoko Trimulyono SE selaku Kepala Bidang Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli Pelabuhan Merak, Banten mengatakan bahwa tugas pokok KPLP khususnya tentang kesyahbandaran memiliki tugas sangat sensitif karena di samping patroli pelabuhan juga menjaga keselamatan dalam berlayar,” katanya Selasa (27/2/2018) sekira pukul 19.00 WIB.

Dia juga menambahkan selain tugas yang sudah ditentukan secara rutin dan penentu ketika kapal akan berlayar layak atau tidak nya kapal tersebut, seperti adanya cuaca sering terjadi kurang menentu jadi sudah tugas pokok pihak berkoordinasi dengan pihak terkait yang terlibat di pelabuhan kalau masalah cuaca tentunya pihak berkoordinasi dengan pihak BMKG Provinsi Banten.

Djoko Trimulyono menambahkan perlu adanya kerjasama secara kondusif masing -masing pihak karena untuk menjalin satu sama lain saling berkoordinasi dalam menjalankan tugasnya satu sama lain.

Karena dalam kurun waktu yang kurang bersahabat ini pihaknya meminta pihak jasa penyeberangan agar selalu mewasadai kemungkinan yang akan terjadi ketika melakukan pelayaran baik dari pelabuhan Merak. Banten menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung, baik itu tentang cuaca laut maupun kriminalitas di dalam kapal.

“Jadi pihak jasa penyeberangan baik penumpang maupun kendaraan roda dua maupun empat harus mematuhi aturan yang sudah diberikan pemberitahuan pihak kapal,” ungkap Kabid Keselamatan Berlayar. (Subhan)

Posting Terkait