Pembangunan SMKN 1 Pertanian Pesawaran Dikebut

Pembangunan SMKN 1 Pertanian Pesawaran Dikebut

Foto: Dok.Putra/Fajarsumatera.co.id

PESAWARAN – DIREKTORAT Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan mengebut proses pembangunan SMKN 1 Pertanian yang berlokasi di Desa Cimanuk Kecamatan Way Lima, Pesawaran.

Wiwik Putriana selaku Staf Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mengungkapkan, lokasi yang telah disiapkan oleh masyarakat cukup strategis dan memiliki jarak yang cukup dekat dengan jalan utama.

“Dengan disiapkannya lahan yang luas, saya menilai ini bentuk keseriusan masyarakat ataupun keinginan yang besar masyarakat Way Lima dalam pembangunan SMK ini,” jelasnya, Selasa (15/5/2018), saat ditemui di sela-sela waktu beliau mengecek lokasi untuk pembuatan SMK.

Dirinya juga menjelaskan, pemerintah pusat akan menggelontorkan dana sebesar Rp2,6 miliar untuk pembangunan sekolah ini.

“Insya Allah, pengerjaan ini kita giatkan pada tahun ini, tapi nanti kita akan serahkan dulu berkas- berkas ke pimpinan, agar nanti menunggu apa pengarahannya,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Sarpras Nurhadi, mengatakan, di awal berdirinya SMKN 1 Peratanian ini nantinya  pihaknya akan membantu dalam pengurusan administrasi, dan juga menyiapkan guru-guru untuk mengajar.

“Nanti juga kita menyiapkan anggaran melalui APBD Provinsi Lampung, untuk menyiapkan sarana dan prasarana, kemudian apabila ada penambahan Ruang Kelas Baru (RKB),” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua komite pembangunan SMK NEGERI 1 Way Lima Rama Diansyah, menjelaskan, tercetusnya wacana pembangunan sekolah ini saat Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona memberikan sambutan saat acara HUT PGRI di Kecamatan Kedondong.

Bahwasannya Bupati menginginkan Pesawaran memiliki SMK Negeri yang unggulan dalam bidang pertanian dan pariwisata, asalkan masyarakat ingin menghibahkan tanah untuk pembangunan.

“Menanggapi itu saya dengan Kepala Desa Cimanuk Didin Saipuddin, guru dari SMK Negeri Padang cermin Asep Subandi, tokoh pendidikan Candra Dinata dan beberapa tokoh masyarakat Desa Cimanuk, bermusyawarah untuk menghibahkan lahan seluas 1,3 Ha, untuk pembangunan sekolah tersebut,” jelasnya.

“Untuk SMK Pertanian yang akan dibangun ini baru ada dua paket keahlian yang kita usulkan, yang pertama paket keahlian agribisnis tanaman pangan dan Holtikultura sebanyak 32 orang. Paket keahlian kedua yaitu rekayasa perangkat lunak (RPL) sebanyak 32,” timpalnya.

Dirinya juga mengharapkan, agar pemerintah pusat agar segera merealisasikan rencana pembangunan ini.

Sementara itu Kepala Desa Cimanuk Didin Saipuddin, mengucapkan banyak terimakasih kepada M. Ridho Ficardo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Lampung, karena telah memberikan rekomendasi pendirian SMKN 1 Pertanian Way Lima.

“Saya atas nama masyarakat¬† Cimanuk mengucapkan banyak terima kasih kepada pak Ridho yang telah memberikan surat rekomendasi, karena itulah kami bisa menghadap langsung ke Dirjen dua kali,” pungkasnya. (MH/PS)

SMKN 1 Pertanian Pesawaran

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan