Pemerintah Klaim Program Dana Desa Turunkan Angka Kemiskinan

Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo. (Ist)

Jakarta – Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mencatat angka kemiskinan di desa turun karena program dana desa.

“Tahun ini menurut BPS kemiskinan di desa turun dari 27 juta menjadi 17 juta dan angka kesehatan atau stunting karena adanya air bersih, MCK, dan sebagainya turun dari 37% menjadi 27%, angka pastinya masih tunggu sensus BPS,” kata Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, seperti yang dilansir dari detik.com, Senin (14/5/2018).

Baca Juga:  Kakon Way Kerap Diduga Mark Up Biaya Pembangunan Jembatan

Penurunan angka kemiskinan di desa, kata Eko tidak lepas dari keberpihakan pemerintah pusat kepada daerah dengan mengalokasikan dana desa yang diakumulasi dari 2015 sampai akhir 2018 sebesar Rp 187 triliun.

“Kita lihat desa-desa kita mendapatkan ini untuk pencapaian infrastruktur besar di Indonesia seperti pembangunan jalan, sarana air bersih, MCK, dan lain sebagainya,” ungkap dia.

Baca Juga:  Dana Desa di Lampura Dikorupsi

Guna mengoptimalkan anggaran desa, Eko juga meminta kepada seluruh kepala desa di 74.957 desa untuk memanfaatkan sebagian dana desanya untuk program pada karya tunai. Hal ini juga berdampak positif terhadap angka kemiskinan. Sebab, lapangan kerja akan banyak diciptakan melalui program tersebut. (net/hp)

485 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Dana Desa

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan