Pemkab Asahan Sembelih 118 Hewan Kurban

Kadis Kominfo Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar/Istimewa

Fajarsumatera.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan akan menyembelih 118 ekor hewan kurban yang terdiri dari 95 ekor sapi dan 23 ekor Kambing pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M esok hari, Selasa (20/7).

118 ekor hewan kurban ini merupakan sumbangan dari bupati, wakil bupati, sekretaris daerah dan OPD.

Kadis Kominfo Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar, mengatakan, setiap OPD akan menerapkan prokes Covid-19 dan mengikuti intruksi Bupati Asahan.

Baca Juga:  Memanfaatkan Hari Libur, Bupati Gowes Bersama Ketua PKK & OPD

Dimana dalam intruksi tersebut, setiap OPD melaksanakan kurban di dinas masing-masing, dan mengantarkan daging kurban tersebut ketempat yang telah ditentukan, untuk dibagikan kepada masyarakat yang menerima.

Ia menyampaikan agar kepada seluruh BKM Masjid/Mushola se-Kabupaten Asahan dalam melaksanakan malam takbiran, Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat mempedomani SE Menteri Agama RI No. 15 dan 16.

Baca Juga:  Program Gratieks Sukseskan Pembangunan Pertanian dalam Layanan Karantina Tanjung Balai Asahan

Diantaranya, menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan menghindari kerumunan, dilarang melaksanakan takbiran keliling, dan takbiran dapat dilaksanakan di masjid/mushola dengan jumlah jama’ah terbatas.

Salat Idul Adha 1442 H dapat dilaksanakan di Masjid/Musholla dan lapangan terbuka dengan mematuhi protokol kesehatan, jemaah diharapkan dalam keadaan sehat dan BKM terus melaksanakan pemantauan jemaah yang datang dari luar guna menghindari penyeberan Covid-19.

Baca Juga:  Pol PP dan Polres Asahan Gelar Operasi Yustisi Penegakan Prokes

Penyembelihan hewan kurban agar tidak menimbulkan kerumuman dan panitia agar menyalurkan daging kepada yang menerimanya dan membatasi mobilitas (tidak mudik, tidak berpergian ketempat keramaian).

Rahmat Hidayat juga menjelaskan bahwa hewan kurban tahun ini sudah melalui pemeriksaan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan.

 

Reporter : Herman Harahap

Asahan Hewan Kurban

Posting Terkait