Pemkab Pesawaran Peringati Harkitnas 2018

Pemkab Pesawaran Peringati Harkitnas 2018

Foto: Dok.Putra/Fajarsumatera.co.id

PESAWARAN – WAKIL Bupati Pesawaran Eriawan, pimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2018 mengangkat tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital” di lapangan upacara kantor Pemkab setempat, Senin (21/5/2018).

Dalam kegiatan tersebut, Eriawan membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI) Rudiantara.

“Ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, bangsa ini nyaris tak punya apa-apa, hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan semua bersatu dalam cita-cita yang sama yakni kemerdekaan bangsa,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemkab Pesawaran Sediakan Wifi Corner

Dirinya juga menjelaskan, bersatu adalah kata kunci ketika ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang maha kuat menghadang di depan.

“Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan,” paparnya.

“Seratus sepuluh tahun kemudian bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Meski belum sepenuhnya sempurna, rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya,” timpalnya.

Baca Juga:  Pemkab Pesawaran Beri Bantuan Hukum Mantan Kadishub

Maka dari itu, lanjutnya, keringat para pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani peri kehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan.

“Kalau sekarang bangsa ini punya hampir segala yang dibutuhkan, seharusnya kita terinspirasi bahwa dengan kondisi embrio bangsa seabad lalu yang berada dalam rundungan kepapaan pun, kita telah mampu menghasilkan energi yang dahsyat untuk membawa kepada kejayaan. Apalagi kini, ketika kita jauh lebih siap, tak kekurangan dalam sumber daya alam dan sumber daya manusia,” lanjutnya.

Baca Juga:  Pemkab Pesawaran Sosialisasi LHKPN via Online

Dalam kesempatan ini pula, Eriawan mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110 untuk seluruh rakyat Indonesia. Dan meminta khususnya untuk masyarakat Kabupaten Pesawaran dapat memaknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing.

“Sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang sesuai dengan tema Harkitnas di tahun 2018 inu, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang,” tutupnya. (MH/PS)

396 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Harkitnas 2018 Pemkab Pesawaran

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan